Apa Itu Home Theater dan Kegunaannya

Home TheaterSaat ini, bagi anda yang hobi menonton film dengan suasana bioskop tidak hanya dapat disaksikan di bioskop, akan tetapi anda dapat menyaksikannya di rumah. Pastinya anda akan bertanya ko bisa? Menonto film dengan suasana seperti menonton film di bioskop ternyata dapat dilakukan di rumah, caranya dengan menggunakan perlengkapan rumah tangga yang disebut Home Theater.

Sebuah home theater diartikan sebagai sebuah theater atau bioskop yang ada di dalam rumah. Untuk konsepnya sendiri home theater ini meniru sistem kerja sebuah theater atau bioskop dalam hal perlengkapan menonton. Istilah home theater sering diartikan dengan istilah bioskop rumah, tentunya dengan ini anda mendapatkan sensasi menonton seperti di bioskop.

Maka dapat disimpulkan home theater atau bioskop rumah adalah seperangkat alat elektronik hiburan yang diseting untuk menyajikan suasana menonton seperti di bioskop. Biasanya home theater terdiri dari perangkat video dan audio yang terdiri dari fitur audio 5 in 1 ch, 7 in 1 ch dan 9 in 1 ch (5 in ch biasanya dikenal dengan 5.1ch, begitu juga dengan fitur audio lainnya) dan untuk perangkat ini dilengkapi dengan banyak jumlah speaker. Untuk home theater standar biasanya menggunakan 4 speaker audio R dan L, 1 unit speaker center dan 1 sobwofer, ke 4 speaker audio R dan L ini tentunya memiliki audio yang berbeda-beda, untuk kualitas audio yang dikeluarkan layaknya anda berada di dalam bioskop.

Banyak orang yang salah kaprah mengenai fungsi dari home theater itu sendiri, sehingga timbul pertanyaan apakah home theater bagus untuk karaoke dan home theater apa yang bagus untuk karaoke. Lebih lanjut penulis jelaskan fungsi home theater ini adalah untuk audio pada saat kita menyaksikan film, atau dapat diartikan sebagai home sinema yaitu sebuah audio untuk senima (orang yang hobi menonton film). Tentunya dari fungsi di atas dapat menjelaskan mengenai kualitas audio di home theater tidak di peruntukan untuk karaoke. Bagi anda yang ingin mencari speaker kualitas audio terbaik untuk karaoke, penulis sarankan untuk menggunakan speaker pasif. Karena dengan speaker pasif ini dikenal dengan kualitas audi yang di keluarkan cocok untuk yang hobi karaoke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *