Mengenal Perbedaan LCD dan LED TV

LCD VD LEDBentuk televisi (TV) yang lebar dan disebut dengan TV tabung makin lama makin jarang dijumpai. Sebagai gantinya, para produsen alat elektronik membuat TV menjadi lebih tipis dan efisien secara tempat. Jenis TV layar datar yang kita kenal ada LCD dan LED TV. Berikut perbedaan LCD dan LED TV. Apa saja perbedaan kedua jenis TV ini? Sebelum memutuskan untuk membeli TV baru, ada baiknya kita mengetahuinya.

TV LCD
Jenis TV layar datar yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display. Di dalam TV terdapat dua lapisan kaca yang terpolarisasi dan saling menempel. Ada cairan kristal di salah satu lapisan yang berfungsi melewatkan atau memblokir cahaya serta menghasilkan gambar pada layar saat dialiri arus listrik. Cahaya pada layar TV tidaklah dihasilkan oleh kristal tersebut, namun dari serangkaian lampu neon di belakang layar.

TV LED
TV LED atau Light Emitting Dioda memiliki cara kerja dan struktur dalam yang serupa dengan TV LCD. Yang membedakan adalah sumber cahaya pada bagian belakang layar. Jika TV LCD menggunakan lampu neon, TV LED menggunakan Light Emitting Dioda itu sendiri. Terdapat dua tipe pencahayaan TV LED yakni pencahayaan Edge dimana rangkaian dioda diatur pada bagian tepi luar layar, serta pencahayaan Full-Array dimana terdapat serangkaian dioda di belakang seluruh permukaan layar yang memberikan banyak kontrol pencahayaan.

Secara keseluruhan layar TV LED mengonsumsi daya lebih rendah ketimbang TV LCD, yaitu sekitar 50%-70%. Backlight LED juga lebih awet ketimbang LCD. Secara ukuran pun, ukuran TV LED bisa lebih tipis dengan keseimbangan dan saturasi warna yang lebih baik. Soal harga, TV LED lebih mahal daripada TV LCD.

Itulah perbedaan kedua barang elektronik jenis TV layar datar yang sedang booming banyak beredar di pasaran dan sudah mulai banyak digunakan masyarakat umum. semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin beralih ke salah satu jenis tv tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *