Penyebab Flash Disk Tidak Terdeteksi

Flash DiskFlash disk merupakan salah satu sekian banyak aksesoris komputer, digunakan sebagai alat untuk menyimpan data baik itu berupa gambar, file maupun video. Saat ini banyak digemari dan digunakan oleh kalangan pekerja dan kebanyakan orang yang berkecimpu dengan komputer.  Karena ukurannya kecil, praktis dalam menggunakannya dan memiliki kapasitas besar dalam menyimpan serta harga yang terjangkau. Namun seringkali dijumpai banyak yang binggung saat flash disknya mengalami kerusakan atau yang sering kita alamai tidak terdeteksi, biasanya langka praktis yang kita lakukan adalah memformat flash disk. Memang hal ini tidak ada salahnya tetapi alangka baiknya anda mengetahui apa penyebab flash disk tidak terdeteksi, yang nantinya anda jadikan reperensi untuk memperbaiki flash disk anda.

Beberapa penyebab yang patut anda ketahui saat flash disk tidak terdeteksi adalah;

  • Driver bermasalah
  • Rusak secara fisik
  • Settingan yang bermasalah (Bios, Windows)
  • Port USB Rusak
  • Dsb

 

Untuk mengatasi coba beberapa cara berikut ini;

  • Sebelumnya hubungkan flash disk anda pada port usb komputer atau laptop lain/ pindah dari satu ke computer lain, jika belum terdeteksi coba lagi ke komputer lainnya, jika berhasil terditeksi berarti flash disk tidak bermasalah dan ini berarti kesalahan ada pada komputer anda.
  • Atau lakukan hal sebaliknya, hubungkan flash disk lain ke komputer anda. Dengan asumsi terdeteksi berarti menandakan port usb tidak bermasalah tetapi masalah ada pada flash disk anda.
  • Langka selanjutnya cek pada settingan Bios kemungkinan disable secara sengaja atau tidak, hal ini biasanya terjadi tanpa kita sadari ketika baterai motherboard kita sudah lemah/soak.
  • Lanjut ke cara berikutnya, cek di Device Manager, Cara pertama;
    – klik start > settings > Control Panels.
    – Dobel Klik pada icon system,
    – Setelah terbuka jendela Syistem Properties, klik tab Hardware
    – Klik tombol Device Manager
    – Kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers, terlihat ada masalah
    – Tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau td ada driver
    – Tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable, maka jika ini terjadi lakukan klik   kanan dan pilih enable
    – Termasuk dalam hal ini juga kemungkinan anda perlu install ulang driver Flash disk

atau lihat gambar di bawah

Device Manager

 

 

  • Cara yang kedua, Cek pada registry, langkanya;
    – Klik Start > Run
    – Ketikan : regedit kemudian enter
    – Masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor
    – Pada value Dwords harus bernilai 3 (enable), jika bukan 3 maka update dengan 3 lalu close dan restart. lihat gambar di bawah

Cek pada registry

 

  • Kemungkin yang lain adalah komputer yang terkena Virus, maka anda perlu membersihkan dari virus dengan program anti virus, jika terdapat program yang baru anda install mencurigakan baiknya anda uninstall dulu program tersebut.

Demikian langka yang dapat saya berikan dalam mengatasi flash disk tidak terdeteksi, semoga bermanfaat dan dapat mengatasi masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *