Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mesin Cuci

Mesin CuciBagi anda yang berniat untuk membeli Mesin Cuci tentunya akan banyak faktor yang perlu menjadi pertimbangan, anda dituntut untuk benar-benar memperhatikan berbagai fitur serta karakteristik dari mesin cuci yang ingin anda beli nantinya. Jangan sampai pada akhirnya anda membeli mesin cuci yang mahal tetapi tidak efektif digunakan untuk membantu meringankan tugas anda.

Dalam artikel kali ini, berita jual beli akan membahas beberapa tips yang harus anda perhatikan saat memilih sebuah mesin cuci. Tentunya dengan menyesuaikan berbagai kondisi anda selain itu jumlah dana merupakan hal penting juga. Berkut tipsnya;

Service Center dan Masa Garansi
Garansi sebuah mesin cuci merupakan hal penting yang perlu anda perhatikan. Karena alat elektronik rumah tangga yang satu ini tergolong sulit untuk diperbaikin sendiri apabila terjadi kerusakan. Oleh karenanya sangat direkomendasikan untuk memilih mesin cuci yang memiliki masa garansi minimal satu tahun dan juga pastikan anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan ketika perbaikan dalam masa garansi.

Satu lagi yang perlu anda perhatikan adalah service center, sebagian besar klaim garansi hanya dapat dilakukan di service center oleh karenanya pastikan lokasinya berada di lokasi yang terjangaku dari tempat tinggal anda.

Sesuaikan Budget
Hal yang paling penting adalah budget atau dana yang anda siapkan untuk membeli mesin cuci. Pastinya setiap kita menginginkan mesin cuci berkualitas baik dan bagus memiliki fitur terbaru tentunya dengan harga yang sesuai budget atau semurah mungkin. Yang perlu anda ingat adalah membeli mesin cuci sebagai investasi jangka panjang, pastinya kita akan memilih membeli mesin cuci yang agak mahal tetapi dapat digunakan untuk masa pakai yang lebih lama ketimbang mesin cuci murah tetapi masa pakai hanya beberapa tahun.

Jenis dan Merk Mesin Cuci
Inilah hal yang perlu sangat anda perhatikan ketika memilih mesin cuci. Pikirkan untuk apa anda membeli mesin cuci? Untuk perseorangan diri anda atau keluarga besar? Untuk usaha laundry atau untuk keperluan pribadi. Pastinya sangat disarankan membeli mesin cuci dengan merk yang sudah terpercaya, tentu karena daya tahannya sudah teruji dan lebih bagus.

Meski harga bisa dibilang agak mahal, tetapi tentunya harga memang tidak pernah bohong. Merk-merk seperti Samsung, LG, Sharp bisa dibilang murah dan tetapi terjangkau dikelasnya dengan fitur terbaru serta service centernya yang sudah ada di seluruh Indonesia.

Konsumsi Daya Listrik
Jika tadi saya bahas pembelian mesin cuci untuk jangka panjang tentunya daya listrik yang diperlukan oleh mesin cuci perlu menjadi perhatian. Jangan sampai anda membeli sebuah mesin cuci tetapi nantinya menggangu aktivitas lain karena daya listrik rumah anda tidak mencukupi serta membuat anggaran data listrik bertambah karena komsumsi listrik mesin cuci anda yang besar.

Untuk rumah dengan daya listrik sekitar ± 1000 Watt, disarankan membeli mesin cuci semi-otomatis yang memiliki dua tabung. Jika daya lisrik rumah anda lebih besar dari itu dan berkisar di atas ± 2000 Watt, tentunya tidak menjadi masalah anda akan membeli mesin cuci otomatis satu tabung tentunya dengan pertimbangan meringankan tugas anda.

Bahan Tabung yang digunakan
Hal ini sangat penting, karena alat ini cenderung digunakan dalam waktu yang lama. Setidaknya sampai kurun waktu tiga tahun. Untuk Indonesia biasanya mengunakan dua jenis bahan yang digunakan sebagai tabung yaitu Plastik (porselen enamel) dan stainless steel, tentunya tak perlu diragukan lagi untuk bahan stainless steel pastinya lebih awet, anti-karat, dan lebih tahan saat putaran mesin yang cepat. Tentu saja bahan ini jauh lebih mahal dan biasanya pada mesin cuci berjenis otomatis. Namun jangan khawatir dengan bahan plastik selama anda menggunakan dengan baik dan sesuai petunjuk.

Kapasita Mesin Cuci
Hal ini perlu menjadi pertimbangan jika nantinya anda ingin menggunakan mesin cuci seefektif mungkin. Pertimbangkan berapa banyak orang yang tinggal di rumah anda, berapa sering anda mencuci dan seberapa banyak pakaian motor. Jika anda hanya tinggal sendiri, sepertinya mesin cuci kapasitas minimal 6 kilogram sudah cukup memenuhi kebutuhan anda.

Ruang Tempat Meletakkan Mesin Cuci
Pastikan mesin cuci yang akan anda beli memiliki ukuran yang cukup untuk masuk ke dalam ruangan yang anda rencanakan untuk peletakan. Jangan sampai anda membeli mesin cuci dengan ukuran terlalu besar, yang akhirnya tidak muat dengan ruangan yang ada.

Mengenai peletakan berarti juga memperhatikan sumber listrik (colokan) dan seberapa jauh mesin cuci dari keran air. Idealnya mesin cuci diletakkan tepat di bawah keran air, yang dekat dengan colokan listrik dan lebih ideal lagi tempat jemuran pakaian terjangkau dan dekat hanya beberapa langkah dari ruang mesin cuci.

Pilih Pintu Atas atau Pintu Depan
Fitur yang satu ini memang sepele, tetapi perlu menjadi pertimbangan. Mesin cuci berpintu atas memang jauh lebih efesien dan lebih bersih ketika mencuci. Selain itu jenis ini memiliki harga lebih murah beda dengan mesin cuci berpintu depan yang memiliki harga cukup lebih mahal, selain itu mesin cuci berpintu depan harus selalu terhubung dengan sumber air yang yang mengalir deras tetapi memang lebih praktis anda tidak perlu repot untuk menyalakan atau mengalirkan air secara manual.

Dengan atau Tanpa Pengering
Pada umumnya mesin cuci yang beredar saat ini dilengkapi dengan fitur pengering, atau lebih tepatnya disebut sebagai pemeras. Fitur ini banyak digunakan pada mesin cuci dengan harga yang normal. Fitur ini biasanya hanya memeras air dari pakaian, namun pakain masih perlu di keringkan atau dijemur sekitar 2jam diruang terbuka.

Walau fitur ini simpel namun sangat membantu efesiensi kerja anda, namun jika anda merasa cukup dengan mengeringkan pakaian secara manual anda bisa memilih mesin cuci tanpa fitur pengering yang memiliki harga lebih murah.

Sebagai bahan pertimbangkan, anda bisa membaca berbagai review setiap jenis merk dan mesin cuci secara online sebelum anda membeli. Itulah tips sebelum membeli mesin cuci dari berita jual beli semoga bermanfaat dan berguna untuk anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *