Ternyata Ini Alasannya Mengapa Harus Pakai Barang Ori untuk Software Komputer!

Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju ini tidak hanya memberikan dampak yang positif namun juga negatif salah satunya adalah marak adanya software bajakan. Software duplikasi ini bisa ditemukan di toko komputer ataupun di toko online yang menjual beragam perlengkapan komputer baik hardware ataupun software. Jika dilihat dari harga barang ori seperti software punya harga tinggi, namun ini manfaatnya jika menggunakan software yang asli.

 

Pertama adalah keamanan komputer yang lebih terjaga. Hal tersebut disebabkan karena software palsu memiliki potensi untuk menyembunyikan malware yang bisa merusak sistem komputer Anda tanpa Anda sadari. Software yang bajakan juga memiliki ‘sistem imun’ yang rendah sehingga pertahanannya bisa melemah terhadap malware atau phishing sehingga menyebabkan malware bisa saja menyusup masuk.

 

Kedua adalah tidak mengganggu sistem kerja komputer Anda. Umumnya, software bajakan justru bisa memperlambat performa komputer Anda tanpa disadari. Sedangkan software komputer original yang dirancang dan dibuat dengan keamanan yang maksimal tidak mempengaruhi performa kerja dari komputer Anda dan bisa di update untuk melakukan keamanan yang lebih maksimal dibandingkan dengan versi sebelumnya. Jadi barang ori tentunya lebih aman.

 

Ketiga adalah mencegah ‘pihak luar’ menyusup ke perangkat Anda. Pihak luar yang dimaksud bisa saja hacker, malware yang menyusup masuk ke komputer Anda. Umumnya, malware tersebut disisipkan ke patch atau crack activation ketika Anda mengunduh file .exe ataupun file yang sudah masuk ke dalam CD bahkan file tersebut bisa saja disisipkan di situs file sharing umum yang bisa Anda download.

 

Manfaat lainnya dari penggunaan barang ori untuk jenis software komputer adalah:

 

  • Lebih nyaman. Beberapa masalah pada komputer menyebabkan Anda mau tidak mau harus formal ulang komputer Anda agar perangkat keras tersebut bisa berjalan seperti semula. Masalahnya jika Anda melakukan instalasi software bajakan pada komputer Anda, malware yang bisa saja disisipkan di dalam perangkat lunak tersebut bisa saja ikut terinstal ataupun karena software tersebut tidak bisa dioptimalkan, software atau program Anda crash sehingga harus diformat lagi bahkan berulang kali. Format yang berulang kali tersebut tidak hanya bisa membuang waktu dan tenaga Anda namun juga uang serta menambah masalah.
  • Memperoleh after sales support yang bisa memberikan pelayanan secara menyeluruh dari perusahaan pembuat software tersebut, misalnya jika terjadi masalah pada software Anda yang mungkin saja terjadi karena kesalahan teknis atau karena hal lainnya. Beda jika Anda menggunakan software bajakan karena Anda tidak bisa melakukan komplain atau bahkan meminta perlindungan tambahan misalnya dari kejahatan cyber yang lainnya.
  • Lebih hemat dalam jangka panjang misalnya Anda tidak perlu membeli software lagi karena yang sebelumnya Anda gunakan tidak bisa bekerja secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *