Tips Cerdas Belanja Aman secara Online

Berbelanja secara online saat ini menjadi pilihan banyak orang. Selain karena mudah, hal ini sekarang menjadi tren tersendiri. Karena sifatnya yang tidak bertemu langsung dengan penjual, belanja secara online kadang diragukan keamanannya. Karena itu, simak tips cerdas belanja aman secara online berikut.

Lakukan Riset

Sebelum belanja dan melakukan transaksi, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu situs tempat Anda akan berbelanja. Cek nomer telepon si penjual. Kalau perlu, cari juga ulasan dari konsumen lain soal situs tersebut. Jika merasa ada yang janggal, sebaiknya tinggalkan saja.


Cek Kebijakan Situs Web

Setiap situs web memiliki kebijakan tersendiri soal data pribadi konsumennya. Jadi, sebelum melakukan transaksi apapun, ada baiknya cek juga kebijakan situs tersebut. Selain data pribadi, cek juga kebijakan lain seperti pengembalian barang, konsekuensi barang cacat dan cara pengembalian dana jika diperlukan.


Cek Deskripsi Produk

Agar tidak kecewa saat menerima barang nantinya, sebaiknya cek dan pastikan barang yang Anda pilih benar baik spesifikasi maupun harganya. Jangan mudah tergiur harga murah tetapi beresiko barang palsu.

Hati-Hati Promo Harga

Sejumlah situs belanja online memang sering memberikan kebijakan promo harga untuk barang tertentu dan pada waktu tertentu. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk berbelanja lebih hemat. Tapi, tetap jangan mudah tergoda dengan promo harga atau harga murah yang ditawarkan.


Cek Keamanan Situs Belanja

Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status peramban. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu. ┬áHal lain yang harus diperhatikan adalah saat memasukan informasi pendaftaran nomer kartu kredit. Cek alamat situs belanja tersebut. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, sehingga lebih aman.

Pastikan Kemanan PC

Keamanan berbelanja online juga harus dimulai dari PC yang Anda gunakan. Paling tidak, PC Anda harus punya antivirus. Kalau perlu, pasang juga anti spyware dan firewall yang diperbaharui secara teratur.

Cek Cara Pembayaran

Kemudahan pembayaran adalah salah satu kelebihan berbelanja secara online. Karenanya, hati-hati saat memasukan data kartu kredit untuk membayar barang. Pastikan Anda punya bukti transaksi agar dapat digunakan untuk mengklaim barang.

Cek Sekali Lagi Harga Total

Belanja hemat adalah belanja cerdas. Cek sekali lagi harga total belanja yang harus Anda bayarkan. Dari harga barang, ongkos bungkus dan juga ongkos kirim. Kalau perlu cek juga diskon atau potongan yang diberikan. Bandingkan dengan situs belanja lain.


Simpan Bukti Transaksi

Sebaiknya simpan selalu bukti transaksi. Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Pastikan Log Out dan matikan PC setelah transaksi

Setelah selesai melakukan transaksi, pastikan Anda melakukan log out dari situs belanja tadi agar proses belanja aman. Kalau perlu, bersihkan juga cache yang ada pada peramban yang Anda gunakan. Dan terakhiir, matikan PC agar terhindar dari ulah iseng malware atau orang lain yang mengambil alih PC untuk kepentikan negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *