6 Cara Aman Belanja dan Transaksi Online

Kini, belanja online menjadi pilihan banyak orang karena dinilai lebih praktis dan mudah dibandingkan toko konvensional. Meskipun begitu, melakukan transaksi online juga memiliki risiko keamanan yang perlu diperhatikan agar transaksi Anda tetap aman dan nyaman. Untuk meminimalisir risiko tersebut, simak cara aman belanja dan transaksi via online berikut.

6 Cara Aman Belanja dan Transaksi Online

Jangan Lupa Menyimpan Bukti Transaksi

Bukti transaksi menjadi hal yang penting saat melakukan transaksi online. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyimpan informasi detail terkait transaksi barang apa yang dibeli sebaik mungkin.

Hindari Penggunaan WiFi Publik

Salah satu risiko yang paling sering terjadi pada pembelian online ialah tercurinya identitas dan data pribadi dari akun. Hindari hal tersebut dengan tidak menggunakan WiFi public saat mengakses transaksi online. Karena, risiko pencurian saat menggunakan WiFi public cukup tinggi. Sehingga untuk lebih menjaga keamanan dan kenyamanan berbelanja akan lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi agar.

Perhatikan Deskripsi Produk dengan Teliti

Saat melakukan transaksi online, banyak orang yang tidak teliti saat membaca deskripsi produk sehingga menerima pesanan yang tidak sesuai dengan keinginannya. Karena, belanja online memang membuat konsumen tidak bisa melihat langsung kondisi fisik dari barang yang ada. Anda tidak bisa hanya mengandalkan gambar saja. Sehingga akan lebih baik untuk memperhatikan deskripsi produk dengan lebih teliti. Misalnya saja ketika Anda membeli pakaian, pastikan hal-hal mengenai ukuran, bahan, dan lainnya dari baju tersebut.

Gunakan Rekening Bersama

Agar belanja online yang dilakukan berjalan dengan aman dan nyaman sekaligus terhindar dari risiko penipuan lakukan transaksi online menggunakan rekening bersama. Mekanisme sistem ini membuat uang yang ditransferkan tidak akan sampai ke penjual jika barang belum sampai pada Anda. Setelah mengkonfirmasi keberhasilan dari transaksi yang dilakukan barulah penjual bisa mendapatkan uang tersebut. Jika barang tak kunjung datang atau ternyata tidak sesuai, maka uang yang telah di transferkan bisa Anda tarik kembali. Kartu kredit juga menjadi alat pembayaran yang aman. Hal ini dikarenakan Anda bisa membatalkan transaksi jika produk tidak terkirim atau tidak sesuai dengan pesanan.

Pilih Seller yang Memiliki Reputasi Terbaik

Pastikan seller yang Anda pilih memiliki reputasi terbaik. Karena, terkadang juga masih bisa ditemui penjual yang tidak profesional meskipun lapaknya berada di situs-situs online terbesar yang menerapkan sistem marketplace. Agar Anda tidak mengalami kerugian, pilih seller terbaik yang direkomendasikan serta memiliki reputasi yang cukup bagus.

Anda bisa memperoleh informasi mengenai reputasi seller tersebut dengan melihat bintang ataupun nilai tertentu yang telah disediakan situs tersebut. Sementara itu, jika transaksi online via media sosial, lihatlah testimoni konsumen sebelumnya.

Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

Gunakan situs belanja online yang memang sudah terpercaya. Karena, situs yang terpercaya tentu telah dilengkapi aplikasi dengan sekuritas yang terjamin. Sehingga saat berbelanja konsumen merasa lebih nyaman dan aman. Terlebih situs yang telah memiliki nama besar, pastinya akan memberi jaminan keamanan bagi konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *