Bisnis Reseller Anda Bangkrut? Mungkin Ini Sebabnya!

Membangun bisnis rumah dengan modal kecil menjadi pilihan bagi orang yang memiliki keterbatasan finansial sebagai modal. Salah satu bisnis tersebut adalah bisnis resellerBisnis ini membuat Anda harus selalu menyediakan stok di rumah atau di tempat Anda ‘menggelar’ dagangan Anda. Akan tetapi, sama seperti jenis bisnis yang lain, bisnis ini juga punya resiko rugi dan akhirnya bangkrut.

Bisnis Reseller Anda Bangkrut? Mungkin Ini Sebabnya! 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan banyak usaha rumahan termasuk usaha sampingan yang gagal untuk dijalankan. Pertama adalah memiliki pola pikir yang keliru. Pola pikir yang banyak dimiliki oleh pebisnis terutama pemula adalah setiap produk yang dijual pasti laku dibeli oleh konsumen. Padahal kenyataannya, tidak semua produk tersebut bisa laku bahkan tidak ada yang terjual sama sekali. Pola pikir tersebut tidak jarang menyebabkan pengusaha sembrono atau terburu-buru dan meremehkan dalam mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan yang kurang penting sehingga menyebabkan usaha gagal yang bisa disebabkan karena modal habis. 

Kedua adalah salah dalam menentukan kebutuhan. Masing-masing bisnis yang dibangun memiliki kebutuhan tertentu yang harus didahulukan agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Namun, seiring dengan menjalankan bisnis reseller tersebut, pemilik usaha tersebut tergoda untuk membeli atau melakukan sesuatu hal yang dirasa kurang atau bahkan sangat tidak penting. Untuk usaha yang baru Anda bangun, Anda bisa lebih memfokuskan diri produk dan cara pemasaran yang tepat untuk hasil maksimal.

Ketiga adalah salah dalam menentukan prioritas. Ketika Anda hendak membangun bisnis, maka mau tidak mau Anda harus menetapkan prioritas mengenai mana yang harus Anda penuhi terlebih dahulu dan mana yang akan Anda penuhi nantinya. Jika hanya menuruti kemauan untuk membeli barang yang bahkan bisa digantikan dengan barang yang harganya lebih murah namun bisa menghasilkan produk yang kualitasnya tidak jauh berbeda.

Hal lain yang menyebabkan bisnis reseller jatuh dan bangkrut yaitu:

  • Mengambil porsi yang belum tentu bisa dikerjakan. Terkadang, karena banyaknya permintaan dan enggan untuk menolak permintaan tersebut, maka semua pemesanan, diambil padahal saat itu Anda sedang dalam kondisi kekurangan karyawan atau bahan baku. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda keteteran dalam pengerjaannya dan ujung-ujungnya hasil kurang baik dan justru akan membuat Anda mendapatkan banyak komplain.
  • Tidak adanya perencanaan bisnis yang matang. Ada beragam pertimbangan untuk memutuskan rancangan bisnis, namun untuk perencanaan dalam jangka waktu yang singkat, Anda bisa menggunakan analisa SWOT untuk bisnis Anda.
  • Tidak membangun jaringan atau koneksi yang luas. Untuk membuat bisnis semakin besar, maka mau tidak mau Anda harus mencari peluang dan menambah kenalan namun, banyak yang malas, ragu atau malu sehingga koneksi tidak terbentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *