Cara Jitu Menjual Barang Second agar Cepat Laku

Barang second sering juga disebut sebagai barang preloved, atau barang yang sebelumnya dimiliki dan akan berpindah tangan. Istilah preloved rasanya lebih halus dan berkelas dalam hal ini. Barang-barang yang termasuk preloved juga ada 2 jenis, yakni barang yang pernah dibeli tetapi tidak pernah dipakai, serta barang dari orang lain yang tidak pernah dipakai. Artinya, barang preloved tidak selamanya berarti barang bekas pakai. Nah, bagi Anda yang ingin menjual barang preloved, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar barang cepat terjual dan tidak mengecewakan.

Cara Jitu Menjual Barang Second agar Cepat Laku

Menjual Barang Pribadi yang Tidak Terpakai

Jika Anda memiliki banyak barang tidak terpakai di rumah, Anda bisa mencoba untuk menjualnya. Yang pasti, pilih barang yang kira-kira masih bisa digunakan. Untuk memudahkan calon pembeli, Anda bisa memberi nilai pada barang yang Anda jual. Misalnya dengan menetapkan presentase keadaan barang yang dijual, 80% dari 100% ataupun 90% dari 100%.

Bekerja Sama dengan Teman atau Keluarga

Anda tidak mungkin akan terus-terusan menjual barang bekas milik pribadi Anda. Maka, Anda perlu bekerjasama dengan orang-orang di sekitar, misalnya keluarga ataupun teman. Terutamanya bagi mereka yang memiliki hobi belanja. Tentu banyaknya barang membuat mereka terus berganti-ganti produk. Anda bisa menyugesti mereka untuk menjual barang bekasnya. Dengan begitu Anda bisa menetapkan tarif di atas harga yang dipatok sebagai keuntungan.

Membuka Jasa Membantu Jual Barang Preloved

Jika Anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan twitter, tidak ada salahnya untuk membuka jasa bantu menjual barang second orang lain. Dengan begitu Anda tidak harus menyetok barang yang akan dijual. Tinggal meletakkan fotonya di media sosial Anda, kemudian saat ada yang tertarik, Anda tinggal menginformasikan kepada pemilik untuk mengirimkan barang tersebut kepada pembeli.

Aktif Melakukan Promosi

Untuk melakukan bisnis berjualan, hal yang wajib Anda lakukan adalah memasarkan atau promosi. Anda akan dituntut aktif dalam melakukan promosi melalui media sosial utamanya, dan atau secara lisan. Sekali mendapatkan kepercayaan pembeli, Anda harus konsisten untuk mengupdate akun dan dagangan di dalamnya. Saat sudah yakin untuk menekuni pasar jualan, Anda bisa mengganti lapak dagang Anda ke website khusus jual beli barang preloved.

Mengutamakan Kejujuran

Mendapatkan kepercayaan adalah hal yang cukup sulit didapat ataupun dipertahankan. Para pembeli kini sudah pintar dalam memilih barang yang akan dibeli. Kebanyakan dari mereka sangat teliti dalam memeriksa kondisi barang yang akan dibeli. Pastikan untuk berbicara sejujur-jujurnya jika pembeli menanyakan kondisi barang sencond tersebut. Anda juga bisa menambahkan umur barang, sebagai referensi kualitas meski pembeli tidak menanyakan. Ini akan menjadi nilai positif di mata konsumen. Nah, sekalinya mendapat kepercayaan, tetap bersikap jujur dan konsisten dalam menjawab pertanyaan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *