Ingin Transaksi Online Secara Aman dengan Kartu Kredit? Simak Tips Berikut Ini!

Pemakaian kartu kredit di dunia yang sudah serba modern seperti saat ini memang sudah sangat wajar. Kemudahan yang diberikan oleh penerbit kartu dalam mendapatkan kartu kredit untuk para nasabahnya juga mungkin menjadi alasan mengapa banyak masyarakat yang begitu suka menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memang solusi pembayaran praktis dimana biasa dipakai untuk bertransaksi langsung ke merchant atau transaksi online saat belanja.

 Ingin Transaksi Online Secara Aman dengan Kartu Kredit? Simak Tips Berikut Ini!

Meski dikenal dengan praktisnya, namun transaksi belanja online menggunakan kartu kredit juga kerapkali timbulkan beberapa kendala sehingga bisa rugikan pelanggan. Masalah yang umum terjadi adalah kendala teknis, hingga adanya kriminal di dunia maya yang sudah memakan banyak korban. Jika Anda ingin bertransaksi aman dengan kartu kredit saat belanja online, maka berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda tahu:

  • Pilih belanja di situs terpercaya

Pastikan ketika Anda belanja online maka harus memilih situs belanja online yang berkualitas dan juga terpercaya. Situs tersebut haruslah memiliki reputasi baik dari segi kualitas produk, sistem jual beli hingga keamanan untuk para pembelinya. Untuk itu, periksa situs belanja online mana yang terpercaya berdasarkan rekomendasi dari konsumen dunia maya.

  • Pilih situs aktif

Transaksi online di Indonesia disebut-sebut ada jutaan setiap harinya. Tentunya hal ini disebabkan karena bertransaksi online cenderung lebih mudah dan praktis. Namun pastikan untuk memilih situs aktif sehingga sistemnya tidak bisa ditembus para pelaku kejahatan di dunia maya. Situs belanja yang jarang update dan kurang aktif kemungkinan adalah sasaran empuk pelaku kejahatan sehingga jika Anda bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit maka akan berbahaya karena identitas diri bisa saja dibajak oleh orang lain.

  • Harga murah bukan patokan

Produk dengan harga murah memang sangat menarik. Meski demikian, jangan sampai menjadikan produk yang dibandrol dengan harga murah tersebut menjadikan Anda langsung tergiur. Produk jika memang diskon tentu tidak mengapa. Namun berbeda jika produk itu harganya jauh sekali di bawah harga pasaran karena bisa jadi hanya penipuan semata.

  • Perhatikan URL

URL di situs belanja online juga bisa memegang peranan yang penting. Umumnya URL ini bisa jadi bahan identifikasi dalam pemeriksaan keamanan di situs belanja online. Untuk URL yang aman adalah htpps:// dengan adanya ikon gembok di bagian kirinya sehingga mengindikasikan URL aman.

Itulah beberapa tips dalam bertransaksi online dengan kartu kredit agar senantiasa aman. Transaksi online memang menyenangkan, namun jangan sampai Anda mengabaikan keamanan. Tentu akan sangat berbahaya jika data Anda direkam atau dihack pihak yang tidak bertanggung jawab mengingat kini kejahatan di dunia maya sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *