Ini Dia Ragam Burung Peliharaan yang Mudah Dipelihara Pemula

Memiliki peliharaan bisa membantu untuk menurunkan tingkat stress. Biasanya yang dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kucing dan anjing namun tidak sedikit orang yang alergi terhadap bulu kucing ataupun anda dan kemudian beralih untuk memelihara burung. Ada ragam jenis burung peliharaan yang bisa Anda pilih apalagi jika Anda baru pertama kali memelihara burung.

 Ini Dia Ragam Burung Peliharaan yang Mudah Dipelihara Pemula

Pertama adalah burung lovebird. Jenis burung ini termasuk sebagai salah satu burung yang hingga saat ini paling dicari untuk dipelihara. Ha ini tidak hanya karena jenis burung ini memiliki warna yang bagus namun juga karena suaranya. Burung lovebird terkenal memiliki suara yang bagus sehingga banyak yang melatih kemampuannya tersebut untuk diikutsertakan dalam lomba suara kicau burung. Selain itu, burung lovebird juga bisa dilatih untuk melakukan atraksi sehingga banyak yang ingin memelihara burung tersebut. 

Kedua adalah burung kenari. Jenis burung peliharaan ini banyak digemari oleh masyarakat luas karena suaranya yang merdu. Dengan ukuran yang kecil dan memiliki warna bulu yang menarik, Anda bisa memilih jenis burung ini apalagi kenari mudah untuk dipelihara misalnya untuk memberikan makanan, membersihkan sangkar, memberikan minum, penjemuran dan yang lainnya.

Ketiga adalah burung parkit. Kalau dilihat dari bentuknya, burung ini hampir sama dengan burung lovebird dengan ukuran yang tidak jauh berbeda. Burung parkit memiliki corak bulu yang berbeda dan ada garis hitam yang berada di bagian sekitar kepala dan punggung. Burung ini termasuk sebagai salah satu jenis burung yang mudah untuk dipelihara dan dirawat. Anda bisa melatihnya hingga jika dan jika sudah jinak, Anda bisa membawa burung parkit ini untuk bermain di luar sangkar.

 Jenis burung peliharaan yang lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya adalah: 

  • Burung cockatiel. Jenis burung ini biasanya disebut juga dengan burung palek, falk, kakatua mini, werio ataupun parkit australia. Burung ini termasuk sebagai salah satu burung yang pandai dan jika dilatih dengan terus menerus bisa memiliki kemampuan atau ketangkasan yang luar biasa. Salah satu kemampuannya adalah bisa menirukan suara manusia dan juga suara burung yang lainnya ataupun benda yang ada di sekitarnya.
  • Burung pasifid arrotlet yang termasuk sebagai burung paruh bengkok dan agresi jika sudah dianggap menarik. Burung yang punya rasa keingintahuan yang tinggi ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga walaupun bisa dijadikan peliharaan untuk pemula, Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan burung ini.
  • Burung nuri. Jenis burung ini termasuk burung untuk peliharaan yang paling mudah perawatannya dan juga yang paling mudah jinak. Burung yang bisa dilatih untuk melakukan beragam atraksi ini bisa dijinakkan dengan cara menyemprotkan air saat memandikannya hingga menjadi basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *