Mengenal Content Marketing Lebih Detail Bagi Pemula

Content marketing atau pemasaran dengan menggunakan konten rasanya tidak asing di telinga Anda, istilah ini juga bisa disebut dengan online marketing. Online marketing sendiri merupakan sebuah strategi yang digunakan suatu perusahaan dalam memasarkan produk agar diminati banyak konsumen. Dalam hal ini sebuah strategi harus dibuat dengan matang, inovatif dan kreatif sehingga khusus bagi para pemula harus mengetahui informasi yang akurat mengenai pemasaran berbasis konten agar bisa berjalan berhasil. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mengenal Content Marketing Lebih Detail Bagi Pemula

Definisi

Content marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang difokuskan dalam membuat dan mendistribusikan konten relevan, berharga dan konsisten guna menarik perhatian konsumen yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi pelaku bisnis. (Content Marketing Institute), Berdasarkan survey yang telah dilakukan, banyak perusahaan yang telah menyadari pentingnya sebuah pemasaran berbasis konten bagi keberhasilan bisnisnya.

Alasan Pembuatan Pemasaran Berbasis Konten

Saat ini content marketing dianggap sebagai salah satu cara ampuh dan efektif dalam menarik minat konsumen terhadap suatu produk. Hal ini dikarenakan para konsumen dapat berinteraksi langsung dengan perusahaan yang bersangkutan, mengenal produk secara mendetail, dan menambah kepercayaan terhadap suatu produk saat membaca konten-konten yang Anda buat. Selain itu terdapat beberapa alasan lain diantaranya:

  1. Brand awareness
  2. SEO (Search Engine Optimization)
  3. Membangun Kepercayaan
  4. Mempengaruhi koneksi
  5. Memperluas jangkauan konsumen

Strategi Membentuk Pemasaran Berbasis Konten

Dalam sebuah content marketing yang sukses dibutuhkan 7 strategi yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis, diantaranya adalah:

  1. Tentukan tujuan pembuatan konten dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan
  2. Lakukan research buyer persona atau mengetahui target konsumen
  3. Lakukan pembaharuan konten secara konsisten
  4. Gunakan content management system
  5. Buat ide-ide baru meliputi what to write, feedly, buszzSumo, content forest, blog post headline analyzer,

Penentuan jenis Konten yang Akan Dibuat

Terdapat beberapa jenis content marketing yang bisa Anda buat khususnya bagi para pelaku bisnis yang masih pemula, diantaranya:

  1. Ebook
  2. Blogs
  3. Template
  4. Podcast
  5. Video
  6. Ekternal konten
  7. Infographics

Pengelolaan Konten

Pengelolaan konten pemasaran Anda dapat menggunakan kalender editorial. Kalender editorial merupakan sebuah dokumen kerja yang diberikan kepada semua orang yang terlibat dalam konten yang Anda buat untuk memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai cara memproduksi, menyampaikan dan mempromosikan rencana strategi konten. Kalender ini juga sebagai tempat dalam menjaga URL terkait dengan konten yang Anda buat sudah dipublikasikan.

Kesimpulan

Pembuatan sebuah pemasaran berbasis konten memang membutuhkan waktu, organisasi, inovasi dan kreatifitas dalam menumbuhkan strategi pemasaran yang sukses. Pondasi sebuah konten yang sukses dapat memanfaatkan tools dalam pengelolaannya. Selain itu Anda perlu menyiapkan sebuah strategi yang tepat dan efektif sehingga tujuan yang diinginkan sebuah perusahaan dalam mendapat keuntungan besar dapat dicapai dengan mudah,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *