Menilik Beberapa Hal Dibalik Harga Diskon Ketika Membeli Barang

Diskon merupakan kata yang sangat menarik yang ditawarkan oleh penjual untuk lebih membuat pembeli tertarik sehingga akan membeli barang yang ditawarkan. Diskon atau potongan harga tersebut akan membuat efek psikologi pada pembeli seperti membeli barang dengan harga lebih murah daripada seharusnya. Padahal apabila dilihat dari prinsip ekonomi tidak ada penjual yang ingin rugi. Sehingga dibalik pemberian harga diskon tersebut tentunya ada sesuatu dibaliknya yang tidak diketahui atau jarang diperhatikan oleh pembeli. Misalnya saja beberapa hal yang ada di balik dari penawaran diskon adalah sebagai berikut ini:

Menilik Beberapa Hal Dibalik Harga Diskon Ketika Membeli Barang 

  • Produk gagal

Hal pertama yang biasanya menyebabkan suatu barang diberikan diskon adalah karena merupakan produk gagal. Produk reject adalah barang yang gagal masuk ke pasaran karena mempunyai cacat saat pembuatannya. Biasanya barang gagal atau cacat ini akan mempunyai harga lebih murah daripada barang aslinya. Produk gagal dengan harga lebih murah dan diberikan diskon ini biasanya berlaku untuk banyak jenis barang seperti smartphone, tas, sepatu, baju, dan juga masih banyak produk lainnya. Oleh karena itulah Anda harus memperhatikan barang yang akan dibeli dengan diskon yang diberikan agar tetap mendapatkan barang dengan kualitas yang terbaik.

  • Dekat dengan masa kadaluarsa

Hal lainnya yang sudah banyak diketahui oleh pembeli adalah harga diskon biasanya diberikan pada produk yang sudah dekat masa kadaluarsanya. Hal tersebut terutama diberikan di supermarket, minimarket, dan juga tempat lainnya yang menawarkan berbagai macam produk dengan masa kadaluarsa. Seperti misalnya obat-obatan, makanan, minuman, dan juga barang lainnya. Oleh karena itulah agar cepat terjual maka penjual akan memberikan harga lebih murah untuk penjual. Ketika mendapatkan barang tersebut pembeli juga harus melihat masa kadaluarsanya sehingga tidak akan hanya mendapatkan harga lebih murah tetapi yang masih bisa dan aman untuk dikonsumsi.

  • Besaran diskon yang diberikan

Hal lainnya yang luput diperhatikan oleh pembeli adalah besarnya diskon yang akan didapatkan ketika membeli barang diskon. Banyak toko yang akan menggunakan istilah diskon besar-besaran seperti 50% + 20% yang dimata pembeli maka diskon yang akan diberikan adalah sebesar 70%. Padahal dari hitungan sebenarnya diskon yang akan didapatkan oleh pembeli hanya sebesar 60% persen dari diskon 50% kemudian baru ditambahkan lagi dengan diskon 20% yang diberikan. 

  • Syarat kartu member

Dan hal terakhir yang biasanya tidak diperhatikan oleh pembeli adalah syarat harga diskon dari barang yang akan dibeli. Biasanya syarat umum yang akan diberlakukan adalah mempunyai kartu member dari tempat tersebut. Sehingga apabila Anda tidak mempunyai kartu member harus membuat terlebih dahulu untuk mendapatkan diskon tersebut. Oleh karena itulah perhatikan syarat lengkap sebelum akan membeli barang dengan embel-embel diskon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *