Tips Aman Belanja di Marketplace Agar Tidak Tertipu

Dahulu berbelanja sangat identik dengan datang ke tempatnya langsung dan harus rela antri berlama-lama di depan meja kasir saat proses pembayarannya. Hal ini masih banyak kita temui hampir setiap hari, namun saat ini sedikit demi sedikit semakin ditinggalkan. Terlebih sejak bermunculannya toko online, marketplace, dlsb yang makin menjamur di era digital seperti saat ini. Beberapa masyarakat akhirnya lebih memilih untuk belanja di marketplace dibandingkan dengan datang ke toko atau pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhannya.

Tips Aman Belanja di Marketplace Agar Tidak Tertipu 

Marketplace memang merupakan tempat berbelanja yang terbilang mudah dan praktis. Karena mempertemukan penjual (seller) dengan konsumen di satu tempat. Sehingga keuntungan bagi konsumen sendiri adalah bisa mendapatkan berbagai produk dalam satu tempat dari berbagai penjual yang ada di marketplace. Dan tentu saja bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan, adanya marketplace akan memudahkan Anda untuk membeli berbagai kebutuhan tanpa harus repot-repot keluar ruangan ataupun mengantri. 

Untuk itu, agar tidak mengalami kasus yang serupa atau bahkan yang lebih merugikan lagi maka Anda perlu berhati-hati saat belanja di marketplace. Untuk lebih amannya, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini saat berbelanja:

  • Pastikan alamat marketplace menggunakan domain resmi.

Jika Anda mengakses marketplace tersebut melalui browser, cek pada bagian address bar-nya. Pastikan alamat marketplace tersebut menggunakan domain resmi, diawali dengan https://. Jika saat mengakses situs marketplace tersebut memiliki tampilan yang serupa namun dengan alamat yang domain yang berbeda, maka sebaiknya tinggalkan laman tersebut.

  • Lakukan komunikasi dengan seller lewat layanan resmi dalam marketplace tersebut.

Marketplace biasanya menyediakan fitur diskusi atau chat agar penjual dan konsumen bisa melakukan percakapan terkait transaksi jual beli. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui seputar produk yang dijual dan hal lainnya.

  • Perhatikan alamat resmi marketplace terkait.

Seluruh email dari marketplace menggunakan domain resmi dari marketplace terkait. Sehingga jika Anda mendapatkan email yang mengatasnamakan marketplace tersebut namun dengan alamat Gmail atau Yahoo, maka Anda perlu waspada.

  • Melakukan transaksi dengan sistem pembayaran resmi.

Untuk keamanan transaksi, marketplace biasanya akan menghimpun dana dari setiap transaksi terlebih dahulu. Jadi pembeli tidak langsung melakukan transfer ke rekening penjual. Melainkan ke rekening marketplace tersebut terlebih dahulu. Baru saat pembeli melakukan konfirmasi barang sudah diterima, dana akan disalurkan ke penjual terkait. Untuk itu pastikan nomor rekening pembayaran transfer adalah miliki marketplace tersebut.

  • Memeriksa rekening penjual di layanan portal resmi terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Tips aman belanja di marketplace yang tak kalah pentingnya adalah mengecek nomor rekening bank dari penjual terkait agar tidak tertipu. Anda bisa mengunjungi portal resmi yang baru-baru ini diresmikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Anda bisa mengecek apakah rekening yang bersangkutan bermasalah atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *