Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja di Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Sosial media yang identik dengan gambar dan video untuk setiap postingannya ini memang merupakan paket komplit untuk sekedar mengetahui kabar teman terdekat, artis idola, berita terkini, hingga urusan jual beli produk. Pengguna aplikasi ini akan dimanjakan dengan berbagai gambar dan video menarik yang diunggah oleh pengguna akun instagram lainnya. Bagi pemilik toko online, instagram menjadi salah satu aplikasi sosial media yang cukup potensial untuk berjualan sekaligus promosi. Sedangkan bagi pengguna instagram yang ingin memenuhi kebutuhannya, juga bisa melakukan belanja di instagram dengan lebih mudah.

 Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja di Instagram

Berbelanja instagram memang perlu dengan kehati-hatian. Karena tidak sedikit akun toko di instagram yang menipu atau hoax. Jika sampai salah memilih bisa-bisa Anda menjadi salah satu korban penipuan juga. Pastikan terlebih dahulu akun toko di instagram tersebut memang benar-benar terpercaya. Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Menggunakan rekening bersama.

Saat ini marak hack atau pencurian akun instagram, baik akun pribadi maupun akun toko online. Beberapa toko online mungkin sebenarnya tidak menipu, namun karena di hack akhirnya dimanfaatkan oleh pencuri untuk melakukan penipuan. Sehingga merugikan pembeli dan pemilik akun yang sesungguhnya. Agar terhindar dari penipuan, lebih amannya Anda meminta penjual untuk bertransaksi lewat aplikasi marketplace.

  • Perhatikan nama rekening toko online tersebut.

Cari tahu terlebih dahulu kredibilitas pemilik rekening toko online tersebut sebelum melakukan pembayaran via transfer atau mobile banking. Saat ini ada situs resmi dari pemerintah yang bisa digunakan untuk mengecek nomor rekening seseorang bermasalah atau tidak. Anda bisa menggunakan layanan ini untuk mengetahui nomor rekening tersebut menipu atau tidak.

  • Jangan mudah tertipu dengan banyaknya jumlah follower dan like.

Saat ini follower dan like di instagram bisa dibeli dengan mudah. Sehingga follower dan jumlah like yang banyak tidak bisa menjadi tolak ukur toko online tersebut terpercaya. Sebaiknya periksa komentar-komentar dari pelanggan tersebut.

  • Jangan mudah percaya dengan testimoni.

Saat ini testimoni pelanggan pun juga bisa di rekayasa. Agar tidak tertipu, sebaiknya minta penjual untuk memfotokan produk secara langsung via hp si penjual untuk mengetahui detail produknya.

  • Periksa detail deskripsi produk.

Penjual yang hanya mencantumkan harga saja tanpa keterangan lebih lanjut, sebaiknya perlu Anda waspadai. Karena hal ini bisa termasuk penipuan, mengingat penjual hanya mencantumkan harga saja karena tidak berniat untuk berjualan.

  • Periksa dan tanyakan alamat lengkap toko tersebut.

Ini sangat penting, terutama untuk Anda yang belanja di Instagram untuk produk yang bernilai jutaan rupiah atau bahkan lebih besar. Jika toko online tersebut memiliki alamat resminya, maka Anda bisa melakukan COD saja untuk lebih amannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *