Ulasan Seputar Keunggulan dan Kelemahan Barter Barang yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukannya

Sebelum adanya uang, jaman dahulu orang melakukan transaksi dengan cara menukar barang atau disebut juga dengan istilah barter. Tujuan dari barter barang tersebut adalah mendapatkan barang yang belum dimiliki menggunakan jenis barang yang dimiliki sebelumnya. Misalnya Anda yang hanya punya pisang, ingin menukarkan sebagian panen pisang Anda untuk mendapatkan sayur dan beras. Walaupun hingga saat ini ada orang yang melakukan sistem ini kembali, namun ini dia plus minusnya.

Ulasan Seputar Keunggulan dan Kelemahan Barter Barang yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukannya 

Kelemahan yang pertama adalah barang yang akan ditukar harus dibawa kemana-mana. hal ini harus dilakukan agar saat Anda menemukan orang yang hendak menukarkan barangnya dengan Anda, Anda bisa langsung segera melakukan barter. Jika barangnya kecil, hal tersebut tidak akan menjadi masalah, namun jika barangnya cukup besar, maka Anda butuh tenaga ekstra untuk membawa barang tersebut kemanapun Anda pergi.

Kelemahan barter barang yang lainnya yang harus Anda ketahui adalah:

  • Anda akan susah menemukan kata sepakat. Hal ini disebabkan karena kedua belah pihak biasanya akan merasa jika barangnya-lah yang lebih mahal dibandingkan milik yang lain. Selain itu, pihak yang Anda inginkan barangnya juga belum tentu menginginkan barang Anda jadi susah untuk deal barter.
  • Alat tukar yang susah dipecah dan susah untuk menentukan berapa standar nilai tukarnya.
  • Akan ada pihak yang merasa dirugikan.

Namun, barter juga memiliki sisi positif. Pertama adalah membuat Anda mengenal orang lain dengan jangkauan yang lebih luas. Saat Anda bertemu dengan orang baru yang hendak melakukan pertukaran barang, Anda bisa mengenali orang tersebut misalnya dari wataknya dan dari sifat dan sikap tersebut akan berpengaruh pada kemampuan Anda untuk bernegosiasi dan berkomunikasi. Karena hal tersebut orang jaman dahulu banyak yang memiliki sifat kemasyarakatan yang tinggi dibandingkan sekarang. 

Kelebihan yang lainnya dari sistem barter barang yaitu: 

  • Akan ada pihak yang diuntungkan. Memang akan ada pihak yang merasa dirugikan namun hal tersebut terjadi karena nilai standar yang menjadi patokan barang yang satu dengan yang lain. Agar keuntungan dan kerugian tidak terlalu jauh perbedaannya, maka cara barang yang nilainya hampir sama dengan produk yang akan anda tukarkan.
  • Tolong menolong. Tidak semua orang yang melakukan barter adalah orang yang butuh akan suatu barang namun disebabkan karena ingin menolong seseorang. Misalnya pihak A yang memiliki barang B yang berlimpah melihat C dengan barang D yang akan ditukarkan, memutuskan untuk menukarkan barang B dengan barang D walaupun sebenarnya A pada saat itu tidak terlalu membutuhkan barang D. Namun dengan menolong C, maka A merasa kepuasan batin yang lebih dibandingkan saat A menjual barang B ke orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *