5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melunasi Hutang Kartu Kredit Menggunakan KTA

Jika digunakan secara benar, kartu kredit memberi manfaat yang optimal. Namun, citra kartu kredit berubah sebagai ‘kartu setan’ karena pemahamannya yang salah. Manfaat yang harusnya didapatkan berubah menjadi malapetaka bagi para nasabah menuju kehancuran finansial.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melunasi Hutang Kartu Kredit Menggunakan KTA

Untuk mengatasi utang yang menumpuk dilakukan berbagai cara. Jika Anda telah mengenal opsi dana darurat KTA, tak menutup kemungkinan untuk melunasi utang kartu kredit memanfaatkan fasilitas KTA. Namun, Anda perlu mempertimbangkan 5 hal berikut sebelum memutuskan membayar utang dengan KTA.

  • Status Utang

Pastikan status kredit Anda masih bagus atau belum berubah jadi buruk Sebelum mengajukan KTA. Mengingat pengajuan KTA akan sia-sia jika status kredit buruk. Sebab, nasabah yang dengan status kredit buruk tidak akan diberi pinjaman dana oleh bank.

Sebaliknya, kemungkinan besar pengajuan KTA akan diterima jika status kredit Anda bagus. Namun, Anda juga harus memenuhi syarat-syarat yang diminta. Pinjaman KTA bisa saja ditolak jika syarat tersebut tidak bisa Anda penuhi.

  • Jangka Waktu Pembayaran

Kisaran tenor KTA atau Jangka waktu pembayaran antara 6-36 bulan saja. Ambilah tenor KTA sesuai kemampuan bayar Setelah tinjauan jika Anda bisa mengajukan KTA. Anda bisa mengambil tenor KTA yang paling lama Jika kondisi keuangan belum membaik.

  • Keadaan Finansial Saat ini

KTA merupakan hutang yang harus dibayar setiap bulan. Jumlah cicilannya dipengaruhi dua aspek meliputi jumlah pinjaman dan tenggang waktu pembayaran. Sebaiknya sesuaikan cicilan yang dibayar dengan keadaan finansial Anda.

  • Ambil KTA Bunga Rendah

Tingkatkan suku bunga KTA beragam. Per bulannya mulai dari 0,95-3%. Usahakan mengambil KTA dengan suku bunga di bawah bunga kartu kredit Anda. Sebaiknya, bayar cicilan secara perlahan.

  • Biaya Lain-Lain

KTA juga memerlukan biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya lainnya. Setiap bulan biaya tersebut harus dibayarkan bersamaan dengan cicilan KTA. Di luar biaya pelunasan cicilan tanpa Anda sadari terdapat biaya lain yakni biaya mengajukan KTA untuk pertama kalinya.

Biaya tersebut Anda keluarkan saat mengurus dokumen ini dan itu sebelum KTA cair. Karena, dana KTA tidak cair jika dokumen Anda kurang lengkap. Anda juga harus mengeluarkan biaya yang sama untuk kedua kalinya Jika ingin kembali mengajukan pinjaman.

Mediasi Bisa Menjadi Solusi Selain Ambil KTA

Cara ini bisa digunakan sebagai penyelesaian utang kartu kredit seandainya tidak mau ambil opsi KTA. Mediasi penyelesaian sengketa dilakukan dengan melibatkan Otoritas Jasa Keuangan atau Bank Indonesia. Beberapa alternatif cara penyelamatan kredit bermasalah oleh mediator, nasabah dan bank ialah.

  1. Resechedulling
  2. Reconditioning
  3. Restructuring

Melunasi utang kartu kredit memakai KTA bukanlah solusi terbaik. Memang jika dapat KTA utang tersebut lunas. Tapi, di sisi lain Anda tetap harus membayar cicilan KTA beserta bunganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *