5 Strategi Mengelola Uang Belanja Bulanan yang Kecil Agar Tetap Mencukupi Kebutuhan Keluarga

Biaya belanja bulanan kian lama kian membengkak? Bisa jadi managemen keuangan yang Anda terapkan salah. Faktanya memang banyak sekali keluarga yang merasa bahwa pengeluaran mereka menjadi semakin tinggi atau boros, namun tak tau boros digunakan untuk apa. Hal ini tentunya bisa menjadi masalah serius bagi keluarga jika dilakukan secara terus menerus, dampaknya bisa menyebabkan kondisi ekonomi menjadi terkena krisis.

5 Strategi Mengelola Uang Belanja Bulanan yang Kecil Agar Tetap Mencukupi Kebutuhan Keluarga 

Apalagi bagi mereka yang memiliki pemasukan kecil, misalnya hanya dengan 3 juta saja perbulannya, namun tanggungan anak sekolah, kemudian juga anggota keluarga yang ada di rumah banyak. Agar pemasukan Anda tetap pas dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup meskipun dalam jumlah yang kecil, maka berikut ini setidaknya ada beberapa solusi dalam mengelola belanja bulanan keluarga, yaitu: 

  1. Buat daftar belanja terlebih dahulu, sebelum belanja ke swalayan atau pasar, agar nantinya barang yang dibeli tidak keluar dari apa yang dibutuhkan, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk mencatat atau membuat daftar belanja terlebih dahulu. Apa saja barang yang sudah habis dan dibutuhkan, sedangkan yang masih ada sebaiknya tidak membeli terlebih dahulu.
  2. Belanja dalam jumlah banyak jauh lebih hemat, faktanya memang dibandingkan dengan membeli satuan, maka dengan belanja dalam jumlah banyak sekaligus bisa membuat harga yang dibayarkan jauh lebih hemat, apalagi tak jarang beberapa barang jika dibeli dalam jumlah banyak akan ada satu buah yang gratis atau harganya diturunkan oleh penjual.
  3. Manfaatkan big sale, memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya banyak diantara pusat perbelanjaan atau sejenisnya yang sering kali mengadakan promo menarik semacam big sale. Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran, karena harga barang yang ditawarkan disana jauh lebih murah dibandingkan dengan harga normalnya.
  4. Manfaatkan kartu kredit, sebagian mungkin sudah tak asing dengan adanya sarana pembayaran yang satu ini, kartu kredit digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan secara mudah, dengan sistem pembayaran di awal bulan yang akan datang, hanya saja harus bijak dalam menggunakannya agar tidak menghasilkan hutang. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakannya untuk membayar barang yang tertera promo khusus untuk pengguna kartu kredit tertentu.
  5. Kumpulkan recehan dari kembalian sisa untuk ditabung, agar bisa tetap menabung cara mudahnya dari yang paling kecil, misalnya adalah jika ada uang sisa atau recehan, maka jangan langsung dibuang begitu saja, melainkan ditabung. Jika sudah terkumpul banyak bisa ditukarkan.

Mudah bukan, dengan menerapkan 5 hal di atas maka tagihan belanja bulanan Anda jadi lebih hemat dan juga terstruktur dengan baik. Paling tidak berapapun uang pemasukan tak akan menjadi masalah, semuanya tetap tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *