5 Tips Belanja Hemat Yang Wajib Anda Ketahui

Saat memiliki uang, naluri manusia selalu ingin membelanjakan uang tersebut. sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut, hanya saja jika penghasilan tidak terlalu besar yang harus dipikirkan adalah hari hari kedepan tanpa uang. Itu sebabnya Anda harus mengetahui tips belanja hemat yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Berapapun jumlah uang yang Anda miliki jika tidak bisa menahan diri dalam hal berbelanja bisa membuat pengeluaran bertambah besar. Yang perlu dipahami, belanja hemat bukan artinya pelit. Hemat bisa diartikan berhati-hati membelanjakan uang, mana yang penting dan mana yang tidak penting. Nah, berikut ini tips belanja yang bisa Anda ikuti.

  • Buat Daftar Catatan Belanja

Mencatat apa saja yang dibutuhkan membantu Anda menahan diri membeli barang yang tidak dibutuhkan. Jika perlu catat alasan mengapa Anda harus membeli barang tersebut, hal itu dilakukan untuk mencegah Anda menunda membeli barang tersebut memilih barang yang tidak begitu dibutuhkan.

  • Bawa Uang Secukupnya

Buat perkiraan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan. Boleh lebihkan uang yang dibawa untuk berjaga-jaga. Namun sebaiknya jangan bawa berlebihan karena cenderung membuat Anda tergoda membeli barang yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga yang Wajib Disimak

  • Belanja Mingguan Atau Bulanan

Apakah Anda memilih belanja mingguan atau bulanan? Kedua cara belanja tersebut lebih dianjurkan dibandingkan belanja harian. Karena jika belanja harian lebih boros biaya transportasi, waktu banyak terbuang jadi kurang efektif dan efisien. Jika memungkinkan, belilah produk kebutuhan seperti: shampoo, minyak goreng, ditergen yang kemasannya besar. Belanja dengan kemasan yang besar mencegah kita bolak balik ke toko, selain itu harganya lebih murah dibandingkan beli kemasan sekali pakai (sachet). Begitupun kebutuhan makanan seperti: buah-buahan, sayuran, daging, gula, kopi dsb untuk satu minggu sekaligus.

  • Membandingkan Harga

Bandingkan harga barang-barang yang akan dibeli. Karena biasanya swalayan atau toko yang satu dengan yang lainnya kadang memberikan harga yang berbeda untuk beberapa jenis produk. Jika ukuran dan kualitasnya sama, tidak perlu gengsi dengan membeli barang bermerk yang harganya mahal.

  • Cermat Jika Ada Diskon Atau Promo

Belanja saat diskon merupakan solusi untuk menghemat biaya pengeluaran. Namun, tetaplah cermat dan belanja cerdas. Tanpa disadari diskon atau promo kadang membuat kita belanja lebih banyak dari biasanya. Selalu ada alasan seperti “mumpung murah”, “mumpung ada diskon”. Padahal belum tentu barang tersebut dibutuhkan.

Selain itu, terlebih dulu cari informasi harga barang yang di diskon. Biasanya ada toko nakal yang menaikkan harga dua kali lipat sebelum melakukan promo/ diskon. Perasaan mendapatkan harga diskon, padahal kenyataannya kita sedang membeli barang dengan harga yang normal.

Itulah beberapa tips belanja hemat yang bisa Anda coba lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *