5 Tips Simpel Ini Dijamin Ampuh untuk Selamatkan Anda dari Tipuan Barang Palsu

Di era modern ini perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat, setiap orang bisa mengakses apapun dengan mudah melalui media internet kapan dan dimana saja. Dampak buruk dari kemajuan teknologi tersebut yaitu banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab yang sering meniru sebuah produk dan menjualnya dengan harga yang sama atau sering disebut barang palsu. Belakangan ini kejadian penipuan barang tiruan atau kw semakin sering terjadi di kalangan masyarakat, terutama untuk sebagian orang yang belum berpengalaman dalam membeli barang yang sama sebelumnya.

5 Tips Simpel Ini Dijamin Ampuh untuk Selamatkan Anda dari Tipuan Barang Palsu

Salah satu jenis barang yang paling sering dipalsukan adalah alat elektronik seperti charger. Padahal charger merupakan komponen penting yang berfungsi untuk memperpanjang umur baterai sebuah smartphone, maka apabila Anda mendapatkan sebuah charger kw atau palsu, sudah dapat dipastikan usia baterai Anda tidak akan bertahan lama termasuk berpengaruh juga pada performa smartphone Anda. Oleh karena itu, berikut ini akan kita bahas 5 tips simpel yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari barang tiruan pada saat akan membeli barang tersebut, antara lain:

  • Memeriksa kondisi bungkus.

Produsen barang kw biasanya akan mengabaikan kondisi bungkus dan sangat berbeda dengan produsen asli yang akan memperhatikan bungkus produk mereka dengan detail. Carilah informasi mengenai produk asli kemudian bandingkan apakah detail pada bungkus seperti kualitas cetak font, barcode dan hologramnya sama atau tidak.

  • Memeriksa material barang.

Setiap bahan memiliki perbedaan kualitas, merek-merek yang sudah terkenal sudah pasti akan mempertahankan kualitas barangnya. Berbeda dengan produk palsu yang biasanya menggunakan bahan kualitas rendah.

  • Membaca buku panduan.

Sebuah buku panduan dapat digunakan untuk mengetahui apakah barang tersebut produk asli atau bukan, apabila buku tersebut ditulis menggunakan bahasa lain yang tidak seharusnya, maka dapat di pastikan bahwa produk tersebut adalah barang palsu.

  • Memeriksa logo.

Setiap merek akan memiliki logo dengan detail dan ciri khas masing-masing. Anda bisa mencari tahu tentang logo asli merek tersebut dan mencocokkannya dengan logo pada barang yang akan Anda beli.

  • Membeli ditempat terpercaya.

Akan lebih baik jika Anda membeli sebuah barang di toko resmi atau toko online terpercaya yang sudah pasti dapat menjamin kualitas barang yang akan Anda dapatkan adalah barang asli.

Selain kelima cara di atas, Anda juga perlu menanyakan masa garansi kepada penjual. Setiap barang asli umumnya akan memiliki masa garansi produk atau garansi resmi dari produsen maupun distributor barang tersebut. Garansi ini sangat penting untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Itulah 5 tips simpel yang bisa Anda lakukan untuk menghindari barang palsu pada saat Anda akan membeli sebuah barang. Jika Anda mengikuti semua tips di atas dengan baik, maka sudah pasti Anda akan selalu menerima barang berkualitas asli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *