6 Tips Belanja Hemat Menyenangkan

Dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga dituntut untuk lebih pandai mengelola keuangan. Belanja hemat adalah belanja dengan cara yang efisien mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Belanja hemat penting dilakukan karena jika berhasil menyisihkan uang bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang sifatnya mendadak atau ditabung. Nah berikut ini ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar belanja bisa menjadi lebih efektif.

  • Buat Daftar Belanja

Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum pergi berbelanja adalah membuat daftar belanjaan yang harus dibeli. Buat daftar dari yang paling penting dulu, atau biar lebih memudahkan buat sesuai dengan jenis barang. Tujuan dibuat daftar adalah agar lebih jelas, tidak lupa dan mencegah membeli barang yang tidak penting.

Jika Anda tipe orang yang mudah tergiur belanja barang-barang yang sebenarnya tidak penting, bisa coba membubuhkan alasan di dalam daftar mengapa Anda harus membeli barang-barang tersebut dan tulis kata-kata yang bisa mencegah Anda belanja barang yang tidak penting.

  • Bawa Uang Pas Sesuai Kebutuhan

Pada waktu belanja, jangan terlalu banyak bawa uang di dalam dompet, sebaiknya bawa secukupnya sesuai dengan daftar barang yang sudah Anda buat. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa melebihi uang namun jangan lebih dari 10% dari total belanja yang diperkirakan. Tujuan membawa uang pas adalah agar lebih fokus membeli barang yang diutamakan.

Baca Juga: Inilah Tips Aman Belanja Online

  • Hindari Membayar Menggunakan Kartu Kredit Atau Debit

Poin ini berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu kami sarankan untuk membawa uang tunai. Walaupun penggunaan kartu kredit dan debit lebih praktis dikhawatirkan malah membuat Anda mengeluarkan uang diluar perencanaan. Jika yang menjadi bahan pertimbangan adalah keamanan, solusinya bisa menggunakan kartu debit yang Anda khususkan untuk berbelanja dengan saldo yang terbatas.

  • Disiplin Pada Daftar Belanja

Perlu diingat lagi bahwa tujuan Anda berbelanja adalah untuk menghindari barang yang tidak perlu. Jadi patut evaluasi jika ternyata masih gagal berhemat ketika sudah membuat daftar belanjaan. Jadi dalam hal ini penting memiliki sikap disiplin agar tujuan dalam daftar bisa dilaksanakan.

  • Langsung Pulang

Jika sudah selesai belanja, sebaiknya langsung pulang. Jangan jalan-jalan sekedar cuci mata atau melihat-lihat barang di toko lain. Karena dengan berkeliling malah membuat Anda tergoda dengan barang yang tidak penting. Selain itu Anda harus mengeluarkan uang untuk beli makan atau minum.

  • Mencatat Pengeluaran

Pada waktu belanja usahakan meminta bon atau resi dari swalayan atau bon tempat Anda belanja. Setelah sampai di rumah, catat pengeluaran di buku bulanan. Denga adanya catatan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi atau review untuk belanja hemat di hari yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *