Aktifitas Belanja Murah Kerap Gagal Ternyata Karena Beberapa Hal Berikut Ini!

Berbelanja menjadi aktivitas yang umum dilakukan oleh semua orang. Belanja sendiri dimaksudkan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan di rumah. Untuk bisa belanja murah, biasanya banyak pelaku belanja yang umumnya adalah para wanita menunggu masa diskon. Ya, beberapa hari spesial mulai dari Lebaran, Natal, akhir pekan dan lainnya menjadi hari dimana banyak sekali digelar diskon di banyak toko, supermarket sampai situs belanja online.

Aktifitas Belanja Murah Kerap Gagal Ternyata Karena Beberapa Hal Berikut Ini!

Trik belanja saat diskon adalah dengan paham benar mana kebutuhan dan keinginan Anda. Jangan mentang-mentang karena diskon, maka Anda membeli semua barangnya yang sebetulnya tak dibutuhkan. Namun selain itu, ada juga beberapa hal yang kerapkali menggagalkan momen belanja Anda sehingga justru pengeluaran jadi besar. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Membeli makanan

Ketika Anda belanja di periode diskon, mungkin setelah belanja Anda akan merasa lemas dan lapar lalu kemudian belanja makanan. Namun tunggu dulu, coba hitung apa yang Anda makan tersebut. Berapa biaya yang Anda keluarkan? Misal saja Anda makan di resto cepat saji 50 ribu per orang, maka jika Anda bersama pasangan dan anak, maka bisa keluar uang lebih banyak. Jadi, belanja hemat bisa gagal. Untuk itu makan dulu sebelum berburu belanjaan.

  • Tidak hapus cache

Ini adalah kesalahan yang kerap dilakukan para pembelanja online sehingga belanja murah juga jadi gagal. Cache sendiri merupakan jejak ditinggalkan ketika lakukan penelusuran. Kadang karena Anda terus menerus melihat suatu produk, maka menjadikan harga dari produk tak akan turun mengingat platform tersebut tahu bahwa Anda punya ketertarikan tinggi pada barang tertentu.

  • Tawaran gratis ongkir

Jika Anda suka membeli online, maka mungkin tawaran berupa promo gratis ongkir akan terlihat sangat menguntungkan. Namun ingat kembali jika tawaran tersebut kerapkali bersanding dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Umumnya promo gratis ongkir menawarkan syarat minimal pembelian sehingga Anda justru jadi membeli dalam jumlah yang besar.

  • Tergoda kemasan kecil

Bagi pembelanja di supermarket, biasanya lebih suka dengan kemasan kecil dimana kerap lebih terlihat menarik. Namun Anda harus tahu jika kemasan kecil ini mampu menguras dompet jika dilakukan terus menerus. Bayangkan saja jika harga kecap 100 ml adalah Rp 15.000, sedangkan harga kecap 250 ml adalah Rp 28.000. Sebetulnya akan menguntungkan beli kemasan besar bukan?

Itulah beberapa hal yang kerapkali gagalkan Anda untuk bisa belanja murah dan menghemat keuangan. Oleh karena itu belanja sendiri memang harus dilakukan dengan cerdas dan bijak sehingga Anda bisa maksimalkan pengaturan keuangannya. Belanja baik secara online maupun offline sama saja, namun memang harus tahu trik tepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *