Bagaimana Cara Hitung Harga Diskon dengan Benar? Inilah Beberapa Contohnya!

Belanja adalah aktivitas yang dimaksudkan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan di rumah. Umumnya yang suka belanja adalah para wanita. Untuk bisa belanja murah, biasanya banyak pelaku belanja menunggu masa diskon. Ya, beberapa hari spesial mulai dari Lebaran, Natal, akhir pekan dan lainnya menjadi hari dimana banyak sekali digelar diskon di banyak toko, supermarket sampai situs belanja online. Harga diskon memang selalu menggiurkan sehingga kerapkali menjadikan banyak orang kalap.

 Bagaimana Cara Hitung Harga Diskon dengan Benar? Inilah Beberapa Contohnya!

Tapi untuk belanja sendiri Anda wajib punya trik jitunya sehingga bisa benar-benar melakukan penghematan. Ada beberapa hal sepele yang kadang menjadikan belanja hemat gagal misalnya saja Anda belanja makanan setelah seusai belanja. Namun tunggu dulu, coba hitung apa yang Anda makan tersebut. Berapa biaya yang Anda keluarkan? Selain itu bagi pembelanja di supermarket, biasanya lebih suka dengan kemasan kecil dimana kerap lebih terlihat menarik. Namun Anda harus tahu jika kemasan kecil ini mampu menguras dompet jika dilakukan terus menerus. Sebetulnya akan menguntungkan beli kemasan besar.

Selain itu, ada juga hal sepele yang bisa gagalkan penghematan Anda misalnya adalah tidak menghitung harga diskon dengan benar. Berikut ini beberapa diskon yang kerap mengecoh:

  • Diskon ….% atau ….% Off

Anda harus tahu jika kedua kalimat tersebut bermakna sama. Misal saja Anda ingin beli sebuah baju dengan harga 300 ribu dan kemudian supermarket memberikan diskon 40% atau bertuliskan 40% Off. Maka penghitungannya adalah 300 ribu – (40% * 300 ribu) dan hasilnya adalah Anda harus membayar senilai 180 ribu.

  • Diskon ….% + ….%

Untuk format lainnya yang kerapkali mengecoh para konsumen adalah diskon …% + …%. misal saja di penulisan adalah diskon 50% + 20%, maka maknanya bukan diskon tersebut adalah 70%, melainkan diskon dulu 50% lalu kemudian baru diskon lagi 20%. Jadi nantinya hasil akhir dari diskonannya akan beda dengan 70%. Waspadai penghitungannya sehingga Anda tak akan merugi.

  • Buy … Get … Free

Buy 2 Get 1 Free, mungkin diskon seperti itu sudah sering Anda lihat di supermarket. Apakah sebetulnya menguntungkan? Jika demikian maka Anda harus menyiapkan kalkulator. Misalnya saja ada barang seharga 100 ribu dan ada promo Buy 2 Get 1 Free, maka Anda keluarkan 200 ribu dapat 3 barang sehingga harga barang masing-masing adalah sekitar 67 ribu. Apakah harga tersebut sepadan dengan barang yang Anda beli? Tentu tergantung keputusan Anda.

Apapun kondisinya, yang jelas Anda harus cermat dalam melihat harga diskon sehingga tidak merugi nantinya. Jangan sungkan untuk mengeluarkan kalkulator untuk perhitungan lebih tepat sehingga bisa diperkirakan apakah menguntungkan untuk Anda atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *