Belanja Aman di Tengah Serbuan Diskon, Berikut Ini Caranya!

Diskon merupakan salah satu moment dimana harga barang mengalami penurunan yang sangat tinggi. Namun Anda juga arus tau bahwa sebenarnya ini hanyalah sebuah siasat marketing saja untuk meningkatkan penjualan. Padahal harga sebenarnya dari barang tersebut tak jauh berbeda dengan yang sudah diberikan label potongan harga. Banyak orang khususnya adalah wanita yang kemudian menjadi kalap dalam berbelanja di tengah serbuan diskon yang tinggi tersebut. Yang seharusnya belanja aman, menjadi tidak aman lagi bagi kantong Anda.

Setiap orang berbondong-bondong untuk memilih berbagai bentuk pakaian baru, karena tau harganya yang murah. Terkadang bahkan tidak sadar bahwa barang yang mereka pilih tersebut sebenarnya dalam kondisi yang tidak utuh lagi, alias cacat. Berburu barang belanjaan ketika tengah diserbu oleh diskon agaknya memang harus dengan kehati-hatian yang sangat tinggi. Selain nantinya belanja aman untuk kantong, maka Anda juga tidak akan merasa kecewa dengan barang yang sudah dibeli.

Baca Juga: Panduan Bijak dan Aman Saat Belanja Online

Berikut ini setidaknya ada beberapa kiat aman yang bisa Anda aplikasikan ketika berbelanja, yaitu:

  1. Buat list kebutuhan terlebih dahulu, mengingat banyak yang diberikan potongan harga, bukannya kebutuhan Anda yang dibeli, melainkan berbagai macam barang yang lainnya. agar tak sampai mengalami hal tersebut, maka lebih aman sebelum datang ke mall, maka Anda mulai mencatat apa yang paling dibutuhkan terlebih dahulu.
  2. Bawa uang pas-pasan saja sesuai dengan jumlah yang akan dibeli, tinggalkan kartu kredit di rumah, cara paling mudah untuk menghindari rasa khilaf ketika akan belanja memang dengan membawa uang tunai yang pas saja, sehingga mau tak mau nantinya Anda akan memprioritaskan barang yang dibutuhkan tersebut. Membawa credit card hanya akan membuat belanja Anda semakin berbahaya.
  3. Cek barang secara keseluruhan sebelum memutuskan untuk membelinya, membeli produk pakaian diskonan, apalagi yang ditumpuk dan dicampur dalam sebuah keranjang besar agaknya harus benar-benar cermat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian banyak diantaranya adalah barang yang sudah dalam kondisi cacat. Cek mulai dari kancing, warna pakaian hingga jahitan-jahitan pakaian.
  4. Abaikan diskon bertahap, salah satu ciri khas dari sebuah pusat perbelanjaan besar umumnya memberikan potongan harga secara bertahap, dimana nantinya setiap Anda membeli barang dengan harga di atas 200 ribu rupiah atau lebih, maka akan dapatkan sebuah kupon yang bisa digunakan untuk belanja selanjutnya dengan potongan harga tertentu. Abaikan saja hal ini agar tidak jadi semakin boros.

Itulah beberapa cara cerdas yang wajib untuk Anda lakukan agar belanja aman, bahkan di tengah serbuan diskon gila-gilaan. Mengingat sebenarnya diskon sendiri bukanlah sebuah potongan harga sesungguhnya, hanya sebuah trik marketing saja untuk meningkatkan penjualan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *