Belanja Mudah Di Toko Online Terhindar Dari Penipuan

Di Zaman serba smartphone seperti sekarang ini semakin membantu dan mempermudah kita beraktivitas di dunia maya, salah satunya adalah aktivitas belanja. Dengan adanya toko online membuat akitvitas belanja mudah dan menyenangkan.

Belanja online atau online shopping sangat membantu kita untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus repot-repot keluar rumah. Namun sayangnya, seiring dengan semakin banyaknya toko online dan banyaknya masyarakat yang memilih belanja online, diikuti juga beragam modus penipuan yang ikut berkembang.

Modus penipuannya beragam, umumnya mereka pura-pura membuka toko online dan pura-pura menjual barang. Pada saat uang sudah ditransfer ternyata barang tidak kunjung datang. Modus ini sering terjadi, ketika nomor yang tertera di toko tersebut dihubungi tidak ada balasan. Selain itu ada juga toko online yang menjual barang yang tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan di foto dan dideskripsikan pada keterangan produk. Agar terhindar dari penipuan, ikuti tips belanja mudah dan aman yang bisa Anda ikuti.

Pilih Website Yang Terpercaya

Sebelum belanja online, pastikan toko yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah toko yang Anda pilih abal-abal atau tidak. Salah satunya adalah dengan melihat tampilan website toko, apakah profesional atau tidak, apakah dicantumkan alamat/ informasi yang jelas atau tidak. Selain itu Anda bisa mencari informasi seputar toko tersebut. caranya bisa melalui review atau bertanya ke orang yang pernah belanja disana.

Hindari Harga Yang Terlalu Miring

Salah satu strategi meningkatkan hasil penjualan adalah dengan memberikan harga yang murah dengan melakukan program promo. Namun Anda patut hati-hati jika harga yang ditawarkan tidak masuk akal. Karena dikhawatirkan barang yang dijual tidak berkualitas. Tentu ini akan merugikan para konsumen.

Kenali Produk Yang Akan Dibeli

Jika Anda ingin membeli suatu produk, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai produk tersebut. Selain itu ketahui apa saja yang disertakan di produk (kelengkapannya). Dan yang penting cocokkan produk yang dijual sama atau tidak, mulai dari foto, harga dan kelengkapannya.

Pastikan Rekening Pembayarannya

Setiap toko online memiliki metode pembayarannya masing-masing, namun umumnya metode yang digunakan adalah transfer antar bank, rekber, kartu kredit, bayar langsung di tempat (COD). Pastikan metode pembayarannya aman dan menjaga keamanan konsumen.

Kenali Penjualnya

Sebelum membeli produk, sebaiknya kenali asal usul penjualnya, bagaimana barang yang dijualnya, websitenya, testimony dan reputasinya. Jika penjualnya terpercaya dan memiliki reputasi baik Anda melanjutkan transaksi pembelian.

Simpan Bukti Email, BBM Dan Struk Pembayaran

Setelah Anda melakukan transaksi pembayaran, simpan baik-baik buktinya. Termasuk komunikasi saat Anda melakukan pemesanan atau pertanyaan-pertanyaan. Jadi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda memiliki bukti untuk dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Demikian tips belanja mudah dan aman agar terhidar dari modus penipuan toko online abal-abal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *