Berhenti Mengaspal! Sebelum Mengenal Scorpio Modif Japstyle

 

Pernah lihat ada motor dengan bentuk-bentuk yang sedikit unik dan tidak biasa mengaspal di jalanan? Atau jangan-jangan Anda adalah orang yang menunggangi motor berbentuk unik itu. Apa mungkin motor Anda memiliki tangki dan lampu depan berukuran kecil dengan jok single seater tipis dan ban gendut mumunculkan kesan unik dan minimalis? Ya! Itu adalah salah satu desain dari aliran Japstyle. Sebagai sesama pencinta otomotif, senang rasanya berbagi mengenai informasi dan sejarah dari aliran Japstyle ini. Juga bagaimana caranya desain minimalis nan kece ini masuk ke Indonesia dari Jepang sana? Simak semuanya pada artikel ini. Dengan mengenal lebih dalam aliran-aliran modif motor, Anda akan semakin mudah untuk menekukan desain yang sesuai dengan selera dan style Anda. Jangan hanya meniru style yang sudah booming. Tapi pastikan juga menerapkan style yang benar-benar mencerminkan pemilik dari kuda besi ini. Jika sebelumnya motor seperti Scorpio cocok dengan aliran lain seperti Scorpio Cafe Racer, maka kali ini akan kita lihat bagaimana Scorpio Japtyle mengaspal. Let’s check this out!

Ok, start from how this style is inveted, where and how is invented? Pertama, Japstyle sendiri merupakan sebuah aliran modifikasi motor yang berasal dari Jepang. Tidak sulit untuk mengidentifikasi dari mana style ini berasal karena sudah menyatu pada nama aliran ini. Mulanya aliran ini di temukan oleh seorang builder asal Jepang yang membuka bengkel otomotif dan ingin membuat motor modifikasinya sendiri. Bengkel itu dibangun pada awal tahun 90-an di mana tren modifikasi motor berkiblat pada negeri Paman Sam. Pada era 80-90-an, model-model modifikasi motor seperti Cafe Racer, Choppy Cub, Street Tracker, Bobber, dan lainnya sedang mengisi masa jayanya sehingga mudah modifikasi Brat di Jepang ini mencari inspirasi dari modifikasi motor yang sudah tren, tapi menggunakan style yang khas Jepang. Karena, sudah jadi rahasia umum bahwa Jepang memiliki kebanggaan yang tinggi akan budayanya sehingga jika hanya menjiplak style yang sudah tren akan hilang rasa kebanggan pada budayanya.

Mulanya, nama dari Japstyle adalah Brat Style, diambil dari rumah bengkel otomotif di mana aliran ini berasal. Aliran ini masuk ke Indonesia berkat dua anak muda yang berasal dari Bandung. Pada tahun 2004, Franky Morry Astorianto, pemilik Yasashi Garage di Bandung memodifikasi dan memperkenalkan aliran Japstyle bersama tiga builder lainnya. Setelah booming dan memiliki penggemar, mereka membentuk sebuah komunitas yang diberi nama Street Demon. Komunitas ini cukup terkenal dengan berbagai hasil karya – hasil karya desain motor Japstylenya. Franky membawa aliran ini ke Indonesia berbekal majalah yang ia bawa setelah pulang dari Jepang.

Lalu, motor apa yang sukses untuk dimodifikasi dengan gaya Japstyle ini? Pasti banyak motor lain yang telah dimodifikasi dengan aliran yang berasal dari Jepang ini. Kali ini kita berbagi tips juga budget yang diperlukan untuk mengubah Yamaha Scorpio Z Anda menjadi bergaya Japstyle. Pada dasarnya, Japstyle Scorpio menjadi motor yang cukup sulit untuk dimodifikasi dan tergolong membutuhkan biaya yang cukup besar untuk melakukan modifikasi. Tapi, untuk para builder juga para pemilik Scorpio Z, bukan menjadi masalah asalkan keinginannya tercapai. Betul apa betul?

Well, untuk sekali memodifikasi motor Scorpio Z, Anda minimal menyiapkan budget 5 juta saja. Bisa dibilang mahal tapi rasanya tidak juga mengingat banyak hal yang perlu disesuaikan dengan pakem dari Japstyle dan selera Anda sendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ciri khas dari model Japstyle adalah bagian-bagiannya yang serba minimalis. Jepang dikenal sebagai negara yang efisien tentu tidak heran jika mereka menerapkan prinsip ini pada style modifikasi motor mereka. Tips untuk motor Scorpio modif Japstyle.

  1. Ganti shock depan dengan ukuran yang kecil.
  2. Ganti tangki bahan bakar dengan ukuran yang lebih kecil juga.
  3. Pastikan jok yang terpasang adalah single seater dan tidak terlalu tebal alias tipis.

Demikianlah informasi japstyle Scorpio yang dapat kami sampaikan. Keep safe during the tour.

Sumber gambar: duckduckgo.com

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *