Berita Jual Beli Kisah Perjalanan oleh Seorang Pejalan

beritajualbeli.com-berita jual beli

Menjual catatan perjalanan bisa menjadi sumber penghasilan selain berbagi cerita. Dan berbagi merupakan suatu hal yang baik dilakukan. Ini merupakan berita jual beli kisah perjalanan oleh seorang pejalan yang sejak dulu telah berpandangan jika ingin menulis, maka pergilah dan bertualang. Banyak sekali penulis yang menceritakan tentang perjalanan mereka. Bahkan kisah – kisah mereka menjadi legenda karena tokoh yang mereka jadikan ikon terkenal di seluruh dunia. Sebut saja kisah dari negara kita sendiri, penulis keren dengan buku berjudul Balada Si Roy, Gol A Gong, yang menuliskan kisah perjalanan menjadi seorang backpacker. Seorang panutan bagi travel writer, petualang, pengelana atau mereka yang senang membaca kisah perjalanan hidup seseorang dan tentang bagaimana perjuangannya bertahan hidup di jalan dengan menjual berita yang ditulisnya dan tentunya kembali kepada orang yang tersayang yang sudah menunggu di tanah air.

Menjadi penulis memang tidak mudah. Dalam buku Te-We karangan Gol A Gong, ia menulis banyak sekali tips bagaimana melakukan perjalanan sambil tetap bisa bertahan hidup. Dan jika mengutip tulisannya, “… ,petualang, pengelana, atau backpacker banyak, tapi yang melakukan pekerjaan sembari menulis sedikit. Tidak semua backpacker adalah travel writer.. Dalam buku ini pula ia menceritakan bahwa selama perjalanan, yang membuatnya bertahan dan mampu meneruskan perjalanan adalah dengan menulis. Dengan demikian, ia bisa mendapatkan berita baru setelah sampai ke tempat yang ia singgahi. Lalu mengirimnya kembali ke tanah air, begitu seterusnya. Berita jual beli untuk bertahan hidup dan meneruskan perjalanan, sungguh inspiratif. Di perjalanan tentunya ia akan bertemu dengan sesama pengelana dan bertukar cerita. Seperti itulah travel writer. Bertemu orang baru, berkenalan, bertukar cerita, pergi ke tempat baru dan menuliskannya sebagai catatan yang nantinya akan digunakan di kemudian hari sebagai bahan referensi. Dan kini semakin banyak penulis yang mengikuti jejak langkah Gol A Gong. Dan mereka mencoba memberi nuansa baru dalam ranah travel writer.

Baca juga: Tips Hemat ke Tempat Wisata untuk Menghemat Pengeluaran

Kisah-kisah perjalanan demikian akan menjadi inspirasi bagi pembacanya. Namun, tanpa mencoba tentunya semua kata-kata tersebut hanyalah sebuah kata tanpa makna. Maka keluarlah, dan nikmatilah hidup. Dan nanti, kisah kamu pun akan bisa menjadi aset, jika kamu menginginkannya disebarluaskan. Banyak contoh penulis lain yang menuliskan kisah perjalanan selain Gol A Gong, antara Agustinus Wibowo dengan bukunya “Selimut Debu”; Nanny Budiman dengan buku Jelajah 3 Negara Eksotis dan masih banyak penulis lainnya. Semua mencoba menulis sesuatu untuk dijadikan berita jual beli dengan alasan berbagi pengalaman dan bercerita dari sudut pandang mereka. Semua mempunyai cara masing-masing dalam menceritakan pengalaman mereka dan tidak semua menceritakan tentang kisah bertahan hidup dengan menulis. Namun, tidak semua cerita memiliki sisi yang sama. Dan itulah indahnya perjalanan, masing-masing mampu menceritakan dari pandangannya masing-masing.

Banyak jalan menuju Roma, begitu pepatah mengatakan dan semoga ulasan ini menjadi jalan yang bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Semoga bisa menjadi sudut pandang baru dalam kisah seorang pejalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *