Cara Belanja Hemat di Toko Online

Berbelanja online di internet kini seakan sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna internet aktif. Berbagai kemudahan yang ditawarkan ketika berbelanja online merupakan alasan mengapa akhir-akhir ini transaksi online semakin meningkat, bahkan peningkatan transaksinya terus menanjak dalam kurun waktu lima tahun terakhir, dengan presentase peningkatan rata-rata sebesar 5% setiap tahunnya. Data tersebut menunjukkan bahwa belanja online kini semakin digemari. Banyak sekali alasan orang lebih memilih belanja online, mulai dari pilihan produknya yang lebih beragam, mudah ketika mencarinya, hingga tawaran belanja hemat yang ditawarkan oleh berbagai toko online.

Namun, tidak semua tawaran diskon yang diberikan oleh toko online merupakan harga yang benar-benar murah. Bisa jadi, pemilik toko online tersebut sudah terlebih dahulu menaikkan harga barang tersebut sebelum kemudian memberikan potongan harga. Oleh sebab itu, pembeli harus jeli ketika berbelanja online agar mendapatkan harga yang benar-benar murah. Berikut ini adalah cara belanja hemat di toko online.

  1. Membandingkan Harga Antara Satu Toko Online dengan Toko Lainnya

Jika ingin berbelanja online, jangan malas untuk mengunjungi banyak toko untuk mengetahui harga sesunggungnya dari suatu barang yang ingin Anda beli. Misalnya ingin membeli sepatu, lihatlah harga sepatu tersebut di beberapa toko online, maka Anda akan mendapatkan harga rata-rata atau harga sesungguhnya dari sepatu tersebut. Selain itu, Anda juga akan mengetahui toko online mana yang benar-benar memberikan harga yang paling murah.

  1. Membeli dari Produsen atau Distributor Resmi

Di internet, banyak sekali penjual online yang hanya bertindak sebagai reseller, yaitu mengambil produk dari toko atau distributor yang lebih besar. Membeli barang secara online di reseller tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan ketika membeli di produsennya langsung atau di distributor resmi produk tersebut. Oleh karena itu, carilah prodesen atau distributor resmi produk yang akan dibeli tersebut agar mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di toko online lainnya.

  1. Berbelanja di Waktu Promo

Sudah menjadi sesuatu yang lumrah bahwa berbelanja di masa promo akan jauh lebih murah dibandingkan dengan hari-hari biasa. Biasanya, ketika sedang mengadakan promo, sebuah toko online tertentu akan memberikan diskon yang cukup menarik untuk produk yang ingin Anda beli. Berbelanjalah di waktu promo agar Anda lebih menghemat pengeluaran.

  1. Belanja Akhir Tahun

Jika kebutuhan Anda akan produk tersebut tidak terlalu mendesak, hanya ingin dan belum terlalu butuh, sebaiknya berbelanjalah di akhir tahun. Ketika akhir tahun, banyak toko yang melakukan cuci gudang, yaitu menjual berbagai produk dengan banting harga, bahkan diskonnya hingga di atas 50% dari harga asli. Oleh sebab itu, jika ingin belanja hemat, sebaiknya membeli produk yang diinginkan tersebut di momen akhir tahun atau di momen cuci gudang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *