Cara Berhemat Belanja Bulanan di Supermarket

Ada banyak cara yang biasa dilakukan oleh seseorang untuk bisa berhemat, termasuk dalam hal belanja bulanan. Mungkin dimulai dari mencoba untuk membuat anggaran belanja hingga belanja dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu. Apalagi yang belanjanya di supermarket, pastilah harus memutar untuk bisa mengelola pengeluarannya dengan tepat agar tetap bisa berhemat sekalipun belanja di supermarket. Berikut ini tips untuk Anda agar bisa berhemat saat belanja di supermarket!

Cara Berhemat Belanja Bulanan di Supermarket

Membuat Daftar Belanja Selama 1-2 Pekan 

Bagi Anda yang ingin belanja bulanan di supermarket maka ada baiknya untuk mulai membiasakan diri untuk membuat menu masakan yang akan dimasak tiap harinya hingga satu pekan. Dengan membuat rancangan menu masakan yang akan dimasak dalam satu pekan ke depan, Anda bisa membuat daftar belanja yang harus dibeli di supermarket untuk persediaan mulai dari satu hingga dua pekan, misalnya.

Belanja dalam jumlah Banyak Sekaligus 

Tips belanja bulanan berikutnya yaitu membeli keperluan Anda dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga bisa bertahana hingga satu sampai tiga bulan ke depan. Tidak hanya itu, biasanya jika Anda belanja dalam jumlah besar harganya juga akan jauh lebih murah jika dibandingkan belanja dalam jumlah sedikit. Belanja dalam jumlah besar tidak akan membuat Anda berulang-ulang dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk belanja. Setidaknya, waktu yang digunakan untuk belanja berulang-ulang itu digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Cermat Membandingkan Harga

Tentu saja pada saat belanja bulanan Anda harus cerdas dan juga teliti ketika hendak membandingkan harga sebuah barang, apalagi barang tersebut menjadi kebutuhan bagi keluarga. Coba bandingkan harga sayur misalnya, ketika Anda beli di tukang sayur, super market atau tempat lainnya. Semakin sering Anda melakukan perbandingan, maka semakin tahu Anda caranya untuk berhemat.

Bayar Tunai 

Sebaiknya ketika Anda belanja bulanan, pembayaran dilakukan dengan cara tunai. Sebab, menurut sebuah penelitian, seseorang yang belanja dan membayarnya dengan menggunakan kartu debit atau kredit cenderung akan lebih banyak melakukan pengeluaran. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda belanja dan membayar dengan menggunakan kartu, perasaan khawatir untuk mengeluarkan uang tidak akan sekhawatir ketika belanja dengan melakukan pembayaran tunai. Jadi lebih baik melakukan pembayaran tunai agar Anda bisa lebih berhemat.

Menggunakan Kartu Member

Tentu saja, hampir seluruh pusat perbelanjaan saat pasti menyediakan kartu member untuk pelanggan setianya. Mereka membuat kartu tersebut sebagai untuk menciptakan loyalitas belanja pelanggannya dengan banyak keuntungan. Adapun keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya:

    • Memperoleh diskon khusus produk supermarket
    • Memperoleh diskon program tertentu (diskon hotel, restoran, tempat hiburan, rumah sakit dan lain-lain)
    • Adanya Poin dan juga cashback
    • Kemudahan membayar tanpa menggunakan uang tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *