Cara Cerdas untuk Hindari Penipu yang Berkedok di Toko Online

Jual beli secara online sekarang ini bisa dikatakan menjadi sebuah trend untuk seluruh masyarakat. Hal yang wajar memang karena belanja secara online tidak mengharuskan kita untuk keluar rumah mencari barang yang di ingini. Jika ingin membeli barang, kita hanya perlu mencarinya secara online kemudian memesannya. Praktis dan mudah, apalagi sekarang tarif internet telah semakin murah dan bukan menjadi barang mewah. Walaupun jual beli secara online memberikan dampak positif, dibalik hal tersebut terdapat hal negatif yang harus Anda waspadai. Penipu dengan kedok toko online sekarang semakin marak.

Ada beberapa tips agar Anda tidak terjebak dalam penipuan ini. pertama, hindari tergiur dengan barang harga murah. siapa yang tidak ingin memperoleh barang yang ia suka dengan harga yang murah? Anda memang bisa-bisa saja mencari barang yang murah, namun ketahui terlebih dahulu seperti apa harga sesungguhnya. Biasanya para penipuan memberikan harga barang yang terlewat murah dibandingkan dengan harga pasaran. Inilah yang membuat banyak orang tergoda untuk melakukan pembelian. Lebih baik Anda memilih toko online yang telah terpercaya sehingga transaksi yang dilakukan tidak beresiko.

Kedua, foto barang yang ditampilkan adalah barang asli. Untuk menghindari penipu dengan kedok toko online, Anda bisa meminta foto barang asli. Di dalam beberapa kasus penipuan biasanya penipuan menggunakan barang palsu, atau mengirimkan barang yang tidak sesuai seperti aslinya, bahkan di beberapa kasus, penipuan tidak mengirimkan barang, dan hanya memberi kardus kosong yang diberikan pada pembeli, pasti Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Sehingga untuk memastikan jika penjual benar-benar memiliki barang tersebut, Anda bisa meminta foto asli.

Ketiga, hati-hati saat membeli menggunakan kartu kredit. Berikut beberapa hal yang harus diketahui, antara lain:

  • Hati-hati di tiap email yang masuk. Pelaku biasanya mengincar data kartu kredit yang Anda miliki, mereka akan menggunakan email untuk sarana melancarkan aksi, oleh sebab itu jika di email Anda terdapat pesan masuk yang mencurigakan dengan meminta nomor rekening atau nomor kartu kredit, lebih baik Anda waspada,
  • Hati-hati saat mendaftar di website. Sah-sah saja sebetulnya ketika ingin melakukan registrasi di sebuah web untuk melakukan pendaftaran. Tetapi saat melakukan proses pendaftaran dan web meminta data yang bersifat pribadi atau sensitif, Anda tidak perlu mengirimnya.

Pengguna internet yang berada di Indonesia semakin lama menjadi semakin banyak. kebanyakan pengguna internet bukan hanya sekedar memperoleh informasi, tetapi untuk berbelanja dengan cara online, sehingga berdampak pada pertambahan jumlah penipuPara oknum tertentu akan berusaha untuk mengembangkan modus ini, oleh sebab itu, lebih baik terapkan seluruh tips di atas saat melakukan kegiatan belanja online, agar menghindari segala kecurangan jual beli secara online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *