Faktor Murah dan Mahalnya Harga Lelang

Lelang merupakan kegiatan dimana masyarakat bisa untuk memilih barang yang akan ditawar dan dibeli. Tetapi sebelum membeli barang tersebut, bagi yang sudah tertarik bisa untuk memberikan harga dan kemudian ditimpali dengan orang lainnya yang juga mengajukan harga bisa lebih murah atau lebih tinggi. Sehingga akan ada persaingan yang merebutkan suatu barang dan untuk harga lelang tersebut sendiri tergantung bisa tinggi ataupun rendah.

Untuk harga yang akan ditawarkan dari acara lelang tersebut seperti telah disebutkan diatas bisa mematok harga yang lebih murah atau mahal. Sehingga bagi masyarakat yang akan mengikuti sebuah lelang sebaiknya perhatikan terlebih dahulu acara tersebut apabila akan mengajukan harga yang pas untuk acara lelang tersebut. Karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dari harga untuk lelang tersebut apakah bisa lebih rendah atau lebih tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain:

  • Perusahaan, lembaga, atau masyarakat yang mengadakannya

Untuk faktor yang mempengaruhi harga lelang yang pertama adalah dari perusahaan atau lembaga yang mengadakan lelang tersebut. Dimana siapa yang mengadakan lelang tersebut akan dapat memastikan untuk harga yang dipatok akan lebih murah atau lebih mahal. Misalnya untuk acara kuis yang biasanya diadakan oleh mall, oleh acara televisi, dan juga media sosial dan lainnya akan mengadakan lelang untuk barang yang akan mematok harga yang lebih murah daripada harga asli barang yang dilelang tersebut. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan barang yang mempunyai harga lebih murah dan sangat menguntungkan untuk masyarakat. Keuntungan banyaknya orang yang turut serta tersebut juga akan menjadi keuntungan untuk promosi dari acara yang mengadakan lelang tersebut.

  • Dari tujuan lelang tersebut

Faktor kedua adalah dari tujuan dari lelang yang akan diadakan. Misalnya untuk lelang yang diadakan oleh perusahaan untuk tujuan amal dan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan donasi baik untuk pribadi atau untuk bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan biasanya harga yang dipatok akan lebih mahal. Hal tersebut juga menjadi kesempatan masyarakat untuk dapat untuk memberikan harga tinggi yang digunakan sekalian untuk beramal. Sehingga apabila untuk tujuan amal acara tersebut akan memberikan harga yang lebih mahal daripada aslinya.

  • Sejarah barang lelang tersebut

Dan faktor yang mempengaruhi harga lelang yang terakhir adalah dari sejarah dari barang yang dilelang. Apabila mempunyai sejarah yang penting misalnya digunakan oleh orang penting atau menjadi saksi sejarah penting maka harganya akan lebih mahal daripada harga barang tersebut dipasaran. Oleh karena itulah bagi masyarakat yang menginginkan membeli barang dari orang penting biasanya akan menyiapkan harga yang lebih mahal seperti misalnya sarung tinju yang pernah dipakai ketika kejuaraan dunia, topi yang pernah dipakai oleh selebritis dan menjadi ikon terkenal, dan masih banyak contoh lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *