Inilah Beberapa Alasan Mengapa Harga Second Smartphone Turun Drastis di Pasaran

Keberadaan smartphone sekarang ini memang menjadi kebutuhan pokok setiap orang, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar tersebut. Seperti produsen lainnya, pabrikan ponsel juga terus menerus menunjukkan inovasi terbarunya. Hal itulah yang membuat beberapa orang mengeluarkan harga second ponsel selalu turun drastis dalam waktu yang tidak lama. Berbagai macam teknologi, fitur dan beberapa element terbaru disematkan pada ponsel. Keluar pertama kali dipasaran pasti akan ditawarkan dengan cukup mahal, hal inilah yang menjadikan konsumen merugi tanpa disadari.

 Inilah Beberapa Alasan Mengapa Harga Second Smartphone Turun Drastis di Pasaran

Sebagai masyarakat modern sepertinya tidak sah jika tidak mengikuti perkembangan ponsel terbaru setiap waktunya. Hal itu pula yang mendorong Anda akhirnya menjual kembali handphone yang telah digunakan tanpa cacat dan menukarnya dengan yang terbaru. Meskipun waktu pembelian dan penjualan tidak terpaut jauh tetapi tetap saja mempunyai perbedaan harga yang cukup signifikan. Nah, rupanya ada beberapa fakta yang menjadikan ponsel tersebut turun drastis yaitu:

  • Rajin keluar produk baru.

Aktifnya para produsen smartphone yang ada dipasaran rupanya menjadi penyebab utama penurunan harga tersebut. Sebenarnya hal ini wajar saja, harga produk baru akan lebih mahal dari pada produk lama. Apalagi perbedaan teknologi yang digunakan cukup banyak, secara langsung akan membanting harga jual HP bekas Anda.

  • Kredibilitas merk.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa penurunan drastis harga jual pada ponsel pintar tersebut rata-rata hanya terjadi pada merk-merk tertentu saja. Untuk ponsel yang mempunyai pamor atau merupakan produksi dari merk terkenal pastinya tidak akan melakukan penurunan secara signifikan. Misalnya saja seperti Samsung, Apple ataupun lainnya yang lebih mudah untuk dijual kembali.

  • Permintaan pemasaran.

Ini sudah menjadi hukum ekonomi, jika permintaan dipasaran menurun secara otomatis harga juga akan ikut turun. Hal ini pula yang menjadikan harga second dari produk lama seperti smartphone turun drastis dipasaran. Makanya, ketika membeli handphone Anda harus memahami kepopularitasan tersebut akankah bertahan lama atau tidak.

  • Garansi.

Ponsel yang mempunyai garansi secara resmi pasti akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dari pada garansi yang diberikan oleh para distributor. Jadi jika barang bekas tersebut ada masalah seperti terjadi kerusakan ataupun lainnya pasti akan lebih mudah dan tidak perlu lagi khawatir, harga jualnya pun tidak akan turun secara signifikan.

Beberapa poin diatas dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli ponsel dipasaran, bukan hanya tergiur dengan harga, promosi ataupun modelnya saja tetapi juga pertimbangkan after sales barang tersebut. Meskipun pada dasarnya harga second barang pasti lebih rendah dari pada baru tetapi paling tidak Anda bisa mengusahakan dengan cara mencari barang yang harga jual kembalinya tidak turun terlalu drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *