Jenis Strategi Pemasaran yang Bisa Dipilih Para Pengusaha

Pemasaran merupakan suatu proses yang digunakan untuk dapat menawarkan barang atau jasa yang disediakan. Sehingga apabila mempunyai sebuah bisnis, tentu saja harus mempunyai dan menggunakan pemasaran tersebut agar nantinya dapat untuk barang dan jasa yang dipunyai dapat laku dan mempunyai nilai saing di masyarakat. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari barang yang ditawarkan bukan hanya dari milik Anda sendiri tetapi ada banyak toko yang menjual barang tersebut. Oleh sebab itulah sebagai pengusaha membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat barang dan jasanya laku di pasaran.

Pada dasarnya ada beberapa strategi untuk pemasaran yang digunakan. Jenis pertama adalah pemasaran konvensional yang telah banyak dikenal selama ini yang selalu digunakan selama bertahun-tahun. Tetapi untuk jaman sekarang ini karena adanya strategi yang menggunakan sistem online sistem konvensional ini sudah sangat jarang digunakan dan kebanyakan ditinggalkan. Hal tersebut karena pemasaran konvensional ini dinilai mengeluarkan banyak uang tetapi untuk hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Sehingga sudah sangat jarang digunakan akan tetapi tetap digunakan.

Untuk jenis strategi pemasaran konvensional misalnya adalah dengan menggunakan bantuan seperti berikut ini

  • Pemasaran dari mulut ke mulut yang dipercaya dapat untuk membuat masyarakat mengenal produk dan jasa yang dipunyai apabila dapat untuk menjaga mutu dari barang dan jasa tersebut. Apabila Anda menggunakan pemasaran ini biasanya hasil yang akan didapatkan akan lebih lama.
  • Pemasaran menggunakan brosur yang disebar dan dapat ditempelkan ditempat yang strategis. Pemasaran jenis ini akan menghabiskan banyak uang tetapi untuk hasilnya kurang memuaskan. Selain uang untuk mencetak brosur biasanya juga akan menggunakan tenaga sendiri atau membayar orang untuk dapat menyebarkan brosur tersebut.
  • Pemasaran menggunakan iklan di surat kabar yang dinilai lebih efektif untuk dapat menarik perhatian masyarakat untuk memperkenalkan dan juga mengiklankan barang dan jasa yang ditawarkan oleh pengusaha.

Selain iklan di koran, majalah, dan lainnya yang bisa mempunyai taraf lokal dan nasional, Anda juga bisa untuk memanfaatkan iklan audio visual di televisi yang akan sangat berguna untuk mempengaruhi masyarakat. Dimana beberapa keuntungan dari menggunakan iklan di televisi tersebut akan dapat ditonton lebih banyak orang. Terutama apabila iklan yang Anda punyai mempunyai ciri khas bagus sehingga bisa akan dikenal dan lebih menarik untuk masyarakat.

Tetapi masalahnya, iklan di televisi tersebut mempunyai harga yang mahal. Sehingga hanya perusahaan besar yang sudah mapan yang bisa menggunakannya. Berbeda dengan strategi pemasaran terakhir yang menggunakan internet dengan biaya yang relatif kecil tetapi hasil yang paling efektif diantara semuanya. Pemasaran yang dapat dilakukan dengan sistem online ini adalah Anda dapat untuk meningkatkan ranking di situs pencarian, iklan di website terkenal, dan masih banyak lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *