Kenali Kelemahan Berjualan Lewat Media Sosial Dibanding Toko Online

Saat ini perkembangan dunia tekhnologi nampaknya semakin berkembang pesat. Salah satunya berdampak pada dunia bisnis. Dengan berkembangnya dunia tekhnologi ini semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya dan memperluas promosi di mana saja mereka mau melalui media sosial maupun toko online, agar produk yang ditawarkan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Kenali Kelemahan Berjualan Lewat Media Sosial Dibanding Toko Online

Selain itu, manfaat yang akan didapatkan ketika berpromosi produk dengan memanfaatkan media sosial adalah biaya promosi yang murah karena hanya mengandalkan kecepatan koneksi internet saja, sehingga keuntungan yang didapatkan dari berjualan produk akan semakin besar. Namun tahukah Anda, selain memiliki kelebihan seperti yang sudah disebutkan, ternyata berjualan lewat media sosial juga memiliki kekurangan dibandingkan Anda harus berjualan di toko online. Berikut adalah beberapa kelemahan-kelemahan yang akan anda dapati ketika berjualan di media sosial.

Arus Informasi yang Terlalu Cepat

Media sosial merupakan tempat berkumpulnya semua orang yang ada di dunia maya. Maka dari itu, tak heran jika setiap hari bahkan setiap menitnya banyak sekali update dan juga postingan mereka, sehingga dari situlah bisa mengakibatkan konten yang telah Anda posting akan tenggelam diantara informasi-informasi lainnya. Bahkan postingan Anda terancam akan tersalip oleh pesaing Anda.

Kepercayaan Konsumen yang Semakin Rendah

Kelemahan berjualan di media sosial yang kedua adalah rendahnya kepercayaan para konsumen. Berjualan di media sosial yang notabene bertransaksi tanpa bertatap muka secara langsung akan membuat para konsumen merasa ragu dengan barang atau produk yang anda jual. Apalagi Anda yang baru berjualan dan barang yang dipromosikan belum terkenal di kalangan masyarakat. Berbeda ketika Anda menjualnya di sebuah toko online, atau Anda sudah memiliki website sendiri, sehingga barang yang ditawarkan akan lebih terpercaya dan juga Anda lebih leluasa ketika mendiskripsikan produk yang ditawarkan.

Bingung Mencari Produknya

Biasanya ketika Anda ingin mencari suatu produk, anda akan mencarinya melalui mesin pencarian google dan di sana terdapat banyak informasi penjual produk yang Anda maksud. Dari banyaknya penjual itulah para konsumen akan sulit menemukan barang yang anda jual karena biasanya ketika Anda mengetik kata pencarian yang dimaksud, maka yang akan keluar adalah sebuah website dan bukan akun sosial media Anda. Maka dari itu, kemungkinan besar produk yang Anda tawarkan sulit ditemukan oleh para konsumen

Sulit Memberikan Informasi Produk Secara Detail

Selain untuk berjualan, media sosial juga merupakan wadah untuk seseorang berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga sangat kecil kemungkinan anda untuk memberikan informasi produk anda secara detail. Bisa saja Anda menjawab berbagai pertanyaan dari konsumen terkait produk yang anda jual secara satu-persatu, namun hal itu akan membuang-buang waktu sehingga tidak efektif untuk dilakukan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *