Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Belanja Online

Berbelanja di internet sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia yang menggunakan internet. Munculnya berbagai trend terbaru di internet membuat masyarakat yang ingin mengikuti trend tersebut harus membeli berbagai barang keluaran terbaru di toko-toko online sebab barang baru tersebut belum didistribusikan atau belum beredar di kota-kota tempat mereka tinggal. Berbelanja secara online memang memberikan banyak keuntungan, selain pilihan produknya lebih beragam, proses transaksinya pun mudah dan praktis. Tidak heran jika kini berbelanja secara online di berbagai lapak-lapak di internet sudah menjadi hal yang biasa. Namun, seringkali para penggemar belanja online melakukan blunder atau kesalahan ketika berbelanja, yang ujung-ujungnya akan membuat mereka sendiri dan merugikan diri sendiri karena barang yang mereka terima berbeda atau tidak sesuai dengan kriteria barang yang mereka pesan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihinari ketika berbelanja di internet.

Transaksi Tanpa Konfirmasi

Banyak sekali penggemar belanja online yang saking antusiasnya menemukan barang yang sudah lama diidamkannya di sebuah toko online, tergesa-gesa melakukan transaksi dengan pihak penjual tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai kondisi barang yang akan dibelinya. Setiap pembeli di toko online harus menyadari hal mendasar bahwa foto barang yang ditampilkan di toko online atau di media sosial tempat para pedagang online berjualan belum tentu merupakan gambar asli atau gambar sebenarnya dari produk yang akan dijual. Seringkali para penjual online hanya mengcopy paste gambar produk yang sudah beredar di internet sebab malas untuk memotret barang yang ada di katalognya. Dampaknya, karena foto yang ditampilkan berbeda dengan foto barang yang sesungguhnya, pembeli kerap kecele ketika menerima barang yang dipesannya ternyata tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan di foto.

Pembeli produk di internet seharusnya melakukan konfirmasi terlebih dahulu tentang kondisi barang, warna, ukuran, jenis, merk, dan tanyakan pula produk tersebut asli atau palsu, agar tidak kecewa di kemudian hari.

Terlalu Tergiur dengan Diskon

Besaran diskon yang diberikan sebuah toko online sering menjadi alasan terbesar seseorang terburu-buru untuk memesan suatu barang di internet sehingga lupa membandingkan harganya di toko lain dan bahkan tidak memverifikasi harga sesungguhnya dari barang tersebut. Para penjual di toko online memang sering memberikan diskon besar untuk menarik perhatian calon pembeli. Namun, tidak sedikit pula penjual online yang sebelum memberikan diskon terlebih dahulu mendongkrak harga asli sebuah produk, sehingga kalaupun didiskon, harga jualnya tidak akan jauh berbeda dengan harga di lapak lainnya.

Pembeli yang suka melakukan belanja online hendaknya melakukan verifikasi mengenai harga sebenarnya dari sebuah barang sebelum memutuskan membeli barang tersebut, agar pembeli mengetahui seberapa besar selisih harga yang diberikan oleh penjual. Setiap pembeli di toko online harus lebih berhati-hati dalam berbelanja agar belanja yang dilakukannya benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *