Koleksi Barang Antik Anda Tetap Awet Jika Dirawat dengan Menggunakan Tips Ini!

Hobi masing-masing orang memang sangat berbeda, ada yang tergolong biasa saja dan juga ada yang memiliki hobi unik atau pun ekstrim. Salah satu jenis hobi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dan juga beberapa negara bagiannya adalah mengoleksi barang antikYang termasuk dengan barang-barang jenis tersebut biasanya berupa ukiran kayu, benda bersejarah, barang pecah belah, dan lain sebagainya namun tetap memiliki nilai tersendiri di dalamnya. Sering kali juga benda-benda tersebut digunakan sebagai bentuk investasi juga karena memiliki nilai jual yang dinamis, sesuai dengan kondisi serta umurnya. Semakin baik kondisinya dan juga semakin lama umurnya, maka nilai jualnya juga pasti akan lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda yang memiliki hobi ini harus menjaga serta merawat barang-barang tersebut dengan baik dan benar, yakni dengan cara berikut:

 Koleksi Barang Antik Anda Tetap Awet Jika Dirawat dengan Menggunakan Tips Ini!

  • Jauhkan dari Sinar Matahari

Yang paling membuat barang tersebut dapat lebih awet serta memiliki kondisi yang jauh lebih baik adalah jika Anda menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini nyatanya dapat membuat warna dari benda tersebut menjadi lebih cepat memudar dan akhirnya menjadi tidak menarik lagi. Anda harus menyimpannya pada sebuah lemari kaca khusus dan menjaganya agar tetap bersih. Apa pun bendanya, akan lebih baik jika Anda jauhkan dari paparan sinar matahari dan disimpan dengan sedemikian rupa agar lebih awet.

  • Perlakuan Khusus

Kebanyakan dari barang antik memang terbuat dari bahan kayu, yang dimana jika sudah berumur, maka kualitasnya pun akan menurun serta mengalami berbagai permasalahan. Salah satunya adalah ancaman yang datang dari rayap jika kayu tersebut dalam keadaan yang lembab. Kelembaban tersebut juga ternyata dapat membuat kayu lebih cepat memuai, oleh karena itu Anda perlu membersihkannya dengan semprotan khusus setidaknya sebulan satu kali, jika perlu, suntikan juga cairan anti rayap yang dimana memiliki kandungan silicon selama 6 bulan sekali.

  • Cara Memegang

Selain itu, hal yang juga harus Anda perhatikan adalah cara memegang benda tersebut, terutama jika barang tersebut terbuat dari porselen atau pun keramik. Pastikan untuk memegang benda tersebut dengan erat atau benar karena hal ini dapat membuatnya tergelincir dari tangan Anda jika dipegang dengan tidak benar. Meski jika pecah benda ini dapat disatukan kembali, namun pastinya akan meninggalkan kecacatan yang membuat nilainya semakin menurun.

  • Bersihkan Setiap Hari

Memiliki barang yang dinilai sangat unik dan memiliki nilai tersendiri pastinya membuat Anda merasa bangga dan membuat Anda ingin memajangkannya agar dapat dilihat oleh mata setiap hari. Pastinya, jika dibiarkan begitu saja akan ada debu dan juga kotoran yang menempel pada barang antik tersebut. Pastikan untuk membersihkannya setiap hari dengan menggunakan kain halus seperti microfiber atau flannel. Pastikan untuk membersihkannya dengan hati-hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *