Mengenal 5 Gaya Promosi Jualan Online yang Terkesan Murahan

Membangun sebuah bisnis online adalah kegiatan yang cukup menyenangkan karena Anda tidak harus lelah dalam berangkat kerja atau membuka toko dan berkeliling menawarkan barang dagangan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja sehingga bisa selalu terhubung dengan para konsumen dan merespon dengan cepat. Dalam hal jualan online, tentu faktor promosi memegang peranan yang amat penting sehingga bisa mendatangkan konsumen lebih banyak lagi.

Namun yang jadi masalah seiring dengan berkembangnya jual beli online adalah kemunculan dari banyak penjual online baru yang turut menjadi saingan bisnis Anda. Persaingan bisnis yang kian ketat pun mengharuskan Anda untuk bisa lebih cerdas dalam berpromosi sehingga lapak online Anda tidak tergerus dengan adanya pemain baru di pasaran. Hal inilah yang menjadi alasan promosi sembarangan yang kerap dilakukan oleh para penjual sehingga tokonya pun terkesan murahan.

Berikut ini beberapa gaya promosi jualan online yang terkesan murahan dan bisa mengganggu orang lain:

  • Berjualan melalui komentar instagram

Instagram memang menjadi media sosial yang kini sedang populer untuk dijadikan media berjualan secara online. Tak heran jika pedagang online pun tidak mau kalah untuk memiliki akun instagram bagi tokonya. Namun uniknya, banyak sekali pedagang online ini yang sembarangan dalam memasarkan produknya yaitu dengan berkomentar di akun instagram orang lain sehingga terkesan tidak nyambung dan mengganggu. Pemasaran seperti ini cenderung membuat citra bisnis Anda lebih turun.

  • Posting komentar di forum berisi promosi

Saat ini banyak sekali forum yang memiliki banyak anggota. Namun para pedagang pun tidak ingin melewatkan kesempatan ini dengan bergabung di forum hanya demi bisa mempromosikan produknya. Karena sangat mengganggu anggota forum lainnya, maka tindakan semacam ini kerap berbuah tindakan tegas dari pihak administrator di forum online tersebut mulai dari menghapus postingan hingga akun dibanned. Memalukan bukan?

  • Membuat banyak postingan dengan thread yang sama

Membuat terlalu banyak postingan di dalam forum online dengan thread sama juga sebenarnya tindakan yang tidak tertib. Hal ini menjadikan berkurangnya kesempatan penjual lain dalam mempromosikan produk mereka. Hal ini juga sebetulnya tidak terlalu efektif karena para pengunjung pun bisa terganggu karena thread yang terlalu banyak.

  • Promosi memenuhi beranda facebook

Pasti Anda pernah mengalami dimana ada penjual online yang begitu getol dalam mempromosikan produk sehingga memenuhi beranda Facebook. Mengganggu bukan? Tak heran jika penjual semacam ini kerap dihapus dari pertemanan di facebook karena sangat mengganggu.

Itulah beberapa gaya promosi jualan online yang sebetulnya terkesan murahan namun kerap dilakukan. Sebetulnya promosi seperti ini sah-sah saja dilakukan mengingat promosi semacam ini adalah gratis. Namun ingat, cara berpromosi juga bisa menunjukkan kelas toko online Anda. Untuk itu, pertimbangkan cara promosi yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *