Mengenal Strategi Pemasaran Online yang Efektif dan Efisien

Berbisnis secara online melalui internet kini menjadi cara berbisnis yang banyak dijajaki oleh para pedagang, terutama mereka yang merintis usaha skala rumahan dan mereka yang baru menjajal terjun dalam dunia bisnis. Bisnis online banyak dijadikan pilihan sebab selain modalnya yang relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan membuka toko, bisnis online juga lebih simpel dijalankan, sebab bisa dijadikan sebagai pekerjaan paruh waktu dan bisa dijalankan di sela-sela kesibukan atau rutinitas sehari-hari. Tidak heran jika bisnis online dijadikan sebagai cara untuk menambah penghasilan di luar penghasilan yang mereka peroleh dari pekerjaan tetap yang mereka lakoni. Terlepas dari berbagai alasan yang dikemukakan seorang pebisnis yang merintis usaha online, mereka tidak boleh mengabaikan pentingnya strategi marketing atau pemasaran online.

Strategi marketing merupakan siasat pebisnis agar barang dagangannya bisa diminati oleh pembeli dan laris manis di pasaran. Terdapat banyak sekali jenis-jenis strategi marketing yang disampaikan oleh para pebisnis sukses tentang metode yang mereka pilih agar bisnisnya bisa sukses dan berkembang. Namun dalam bisnis online, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara strategi pemasaran konvensional dengan strategi pemasaran online. Para pengguna internet umumnya menyukai hal-hal yang cepat dan praktis, sehingga gaya pemasaran yang cenderung rumit tidak akan bisa diterima dengan baik oleh calon pembeli. Berikut ini adalah beberapa strategi marketing online yang efektif dan efisien. Efektif berarti menghasilkan atau terbukti berhasil, sedangkan efisien berarti tepat sasaran dan hemat beaya.

Baca Juga: Tips Bisnis : Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Berbisnis

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya merupakan media promosi yang cukup efektif untuk memperkenalkan sebuah produk. Media-media sosial tersebut memiliki jutaan pengguna dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, dan cenderung menjadi tempat berkumpulnya para pengguna internet aktif. Dengan mengadakan promosi atau marketing di media sosial, iklan atau promosi yang disebarkan akan dilihat oleh lebih banyak orang dibandingkan dengan ketika melakukan promosi di situs pribadi. Selain lebih efektif karena calon pembeli yang disasar lebih banyak dan beragam, melakukan promosi di media sosial juga cukup efisien karena gratis.

Promosi Melalui Iklan Gratis

Di internet terdapat banyak sekali layanan iklan gratis yang ditawarkan kepada para pengguna internet untuk mempromosikan hal apapun tanpa mengeluarkan beara, baik berupa informasi atau iklan produk. Layanan promosi iklan gratis ini harus dimaksimalkan oleh pebisnis online, selain tidak perlu repot melakukan kegiatan promosi secara mandiri, promosi tersebut juga gratis. Pebisnis cukup melakukan registrasi dan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia layanan jasa iklan gratis, yang umumnya syarat dan ketentuannya tidak memberatkan.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang efektif dan efisien yang bisa diterapkan oleh pelaku bisnis online. Dengan memilih strategi pemasaran yang efektif, maka kegiatan promosi yang dilakukan akan lebih tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *