Menilik Fashion Anak Baju Adat dari Berbagai Daerah

Ada berbagai macam cara agar bisa memelihara serta menjaga kebudayaan negeri ini. salah satunya dengan menggunakan baju adat daerah. Indonesia mempunyai berbagai macam baju adat. Baju adat ini berasal dari berbagai macam provinsi mulai dari Aceh hingga Papua, baju ini terlihat menarik dan unik. Penggunaan baju adat biasanya dilakukan oleh anak-anak, saat momentum spesial seperti peringatan hari kemerdekaan, ulang tahun kota atau Hari Kartini. Dengan fashion anak yang digunakan saat acara tertentu ini, baju adat menjadi lebih dikenal.

Mungkin anak-anak tidak mengetahui makna yang ada di balik baju adat yang dipergunakannya, yang mereka ketahui ialah, mereka sekedar menggunakannya di saat-saat tertentu seperti peringatan hari bersejarah, atau ketika mengikuti upacara adat pernikahan. Oleh sebab itu orang tua harus menjelaskan informasi mengenai baju adat tersebut yang mempunyai dampak positif pada wawasan anak mengenai Indonesia.

Dampak positif menggunakan fashion anak baju adat tersebut seperti lebih mengenalkan budaya Indonesia. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan si kecil sehingga ia mencintai budayanya sendiri, seperti mengikutkan anak pada kegiatan kebudayaan sehingga semakin mengenal budayanya sendiri, menggunakan pakaian adat juga menjadi salah satu cara. Bila sudah mengenal budaya di negeri sendiri, anak-anak bisa mencintainya, dengan cara ini juga anak-anak akan memelihara serta menjaga kebudayaannya hingga dewasa sehingga budaya yang sudah puluhan tahun tidak akan musnah serta tetap terjaga dengan baik.

Kedua, penggunaan baju adat ini bisa mengenalkan keragaman budaya Indonesia. Indonesia mempunyai wilayah yang begitu luas. Tidak heran bila kebudayaannya juga berbeda antara satu daerah dengan daerah lain, kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini bisa memudahkan Anda sebagai ibu dan ayah untuk mengenalkan kebudayaan daerah Indonesia. bersama anak, Anda bisa mencontohkan model pakaian adat yang berada di Internet.

Berikut beberapa fashion anak baju adat dari berbagai daerah, antara lain:

  • Baju adat Jawa. Jika membicarakan baju adat Jawa apalagi untuk wanita, hal yang mungkin Anda ingat ialah kebaya. Kebaya juga menjadi pakaian nasional. Ketika menggunakan kebaya, akan dilengkapi dengan stagen, konde, kemben hingga berbagai aksesoris lain. Sedangkan para kaum adam biasanya menggunakan beskap dengan bawahan kain atau celana,
  • Baju adat Riau. Setelah memiliki umur yang cukup, anak laki-laki biasanya menggunakan baju teluk belanga yang dipasangkan dengan celana setengah panjang serta dipadukan dengan tanjak, untuk anak perempuan menggunakan baju kurung bermotif bunga,
  • Baju adat Sunda. Baju adat ini sering dikenal sebagai kebaya Sunda. Kebaya Sunda memang berbeda dari kebaya yang berasal dari Jawa Tengah serta Jawa Timur. Penggunaannya lengkap dengan kamisol, ikat pinggang dan kain kebat. Rambut disanggul dan dikenakan beberapa aksesoris untuk mempermanis tampilan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *