Plus Minus Membeli Barang Lewat Acara Lelang Barang

Lelang adalah salah satu metode yang digunakan untuk menjual barang dengan pertimbangan tawar menawar dari berbagai pihak. Karena acara yang satu ini memang mendatangkan banyak orang di satu tempat yang sama, dengan jumlah barang yang dilelang juga tergolong banyak. Umumnya lelang barang ini sering kali diadakan oleh sebuah perusahaan-perusahaan keuangan tertentu, layaknya pegadaian ataupun juga bank dari hasil agunan yang disita oleh pihaknya.

 Plus Minus Membeli Barang Lewat Acara Lelang Barang

Tentunya bagi masyarakat sendiri dengan adanya program lelang ini memberikan banyak sekali keuntungan, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan barang yang bagus dengan harga murah, faktanya memang harga barang yang dijual secara lelang tak pasti, menyesuaikan dengan angka tertinggi yang sudah ditawar oleh konsumen yang datang. Sehingga banyak diantaranya yang berkesempatan dalam mendapatkan barang berkualitas dengan tawaran harga tergolong cukup murah.
  2. Jaminan barang asli, kebanyakan barang yang dilelang sendiri tak hanya produk-produk baru dan banyak dijual di pasaran, melainkan lebih kepada barang-barang yang sifatnya koleksi. Agak sulit tentunya mendapatkan koleksi yang benar-benar asli di pasaran, namun di lelang ini umumnya barang yang dijual dijamin asli oleh seorang kurator, sehingga Anda tak akan rugi keluar banyak uang untuk membelinya.
  3. Variasi benda lebih banyak, bahkan juga untuk barang-barang yang langka, produk yang dilelang biasanya bukan barang sembarangan, melainkan koleksi-koleksi lama yang sudah tidak dikeluarkan kembali ke pasaran atau yang sifatnya adalah barang koleksi, jenisnya beragam dan tidak bisa dengan mudah didapatkan di tempat lain.

Hanya saja di satu sisi terkadang lelang barang ini sendiri juga merugikan bagi konsumen, diantaranya adalah:

  1. Barang yang dilelang masih menjadi sengketa kedua belah pihak, inilah hal yang paling sering terjadi ketika Anda membeli sebuah barang lelang yang masih diperebutkan oleh kedua belah pihak, terkadang uang Anda sudah diberikan kepada pelaku lelang, namun barang tidak bisa langsung didapatkan, karena masih ada masalah hukum yang membelit.
  2. Permainan harga yang kotor, bagi Anda yang juga memiliki kepala muda panas sebaiknya jangan membeli barang lewat lelang ini, karena benar-benar tidak cocok, mereka yang menawar harga biasanya semakin tinggi maka itulah yang akan diberikan hak untuk membeli, orang-orang yang mudah panas tak akan mau dengan mudah diungguli atau dikalahkan oleh yang lainnya, sehingga sering kali terus menaikkan harga pembelian, padahal sebenarnya nilai barang tidak semahal itu.

Jika ingin membeli lewat acara lelang barang ini alangkah baiknya bagi Anda untuk menentukan terlebih dahulu jenis barang yang diincar, kemudian juga sesuaikan dengan budget yang dimiliki, sabar jangan mudah panas ketika mengikuti acara semacam ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *