Ragam Mobil China Di Indonesia

Sejak lama pasar otomotif Indonesia didominasi oleh produk-produk buatan Jepang dan negara-negara Eropa. Namun, belakangan mobil China tengah mulai dilirik oleh masyarakat, terutama produk-produk dari mobil Wuling.

Mobil Wuling diproduksi oleh PT SGMW Motor Indonesia, yaitu anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). Di negara asalnya di Tiongkok, SGMW yang telah 16 tahun berdiri ini merupakan perusahaan raksasa otomotif.

Mobil Wuling di negara asalnya merupakan produk unggulan. Kesuksesan di Tiongkok tersebut, menyebabkan SGMW berani masuk ke pasar otomotif di negara-negara lain, termasuk di Indonesia.

Namun, ketika pertama diluncurkan di Indonesia, banyak yang meragukan. Seiring berjalannya waktu produk ini terbukti memiliki kualitas yang bagus dan harga yang murah. Hal tersebut terlihat dari beberapa review positif dari pengguna mobil ini di youtube.

Semakin lama, mobil Wuling pun mulai diperhitungkan di dunia otomotif Indonesia, terutama setelah mengeluarkan tipe MVP Confero S pada tahun 2017. Mobil tersebut mendapatkan gelar sebagai pendatang baru terbaik versi Tabloid Otomotif pada Otomotif Award tahun 2018.

Kesuksesan MVP Confero S juga terlihat dari tingginya animo masyarakat yang ingin membeli mobil tersebut. Kesuksesan produk ini bukan sekadar karena kualitasnya yang bagus, tetapi juga karena harganya yang lebih murah jauh dibandingkan mobil dari merk lain.

Ingin mengulang kesuksesan pada tahun lalu, pada 2018 PT SGMW Motor Indonesia mengeluarkan mobil Wuling SUV atau disebut juga Baojun 530. Mobil tersebut diprediksi akan dijual dengan harga yang juga jauh lebih murah dan akan menjadi unggulan pada tipe SUV.

Selain mobil wuling, produk mobil china di Indonesia lainnya yang turut dilirik oleh para pecinta otomotif adalah mobil Dongfeng Sokon (DFSK).

Mobil DFSK merupakan produksi PT Sokonindo Automobiled dan baru 1 tahun memasuki pasar otomotif Indonesia. Seperti produk China pada umumnya mobil DFSK juga membuat penasaran banyak pecinta otomotif karena harganya yang murah.

Di pasar Internasional, produk ini mampu menjual 400 ribu mobil dalam kurun waktu 1 tahun. Angka tersebut cukup menakubkan mengingat perusahaan ini belum terlalu dikenal ketika dirilis pada tahun 2016 lalu.

Berdasarkan data dari asosiasi kendaraan bermotor Gakindo, tipe mobil yang paing banyak dibeli adalah SUV. Selain itu, jumlah penjualan dan permintaan mobil tipe SUV juga terus meningkat, sehingga membuat DFSK juga turut mengeluarkan produk SUV sebagai produk unggulan DFSK Glory 580.

Produk tersebut diproduksi di dalam negeri, tepatnya pada pabrik DFSK di Cikande, Serang, Banten. Meski demikian kualitas mobil baik karena diproduksi dari pabrik yang menerapkan konsep smart factory.

DFSK Glory 580 diluncurkan dalam 2 varian, yaitu Comfort dan Luxury. Kedua varian tersebut diperkirakan akan dijual pada kisaran harga Rp 245 juta hingga Rp 308 juta-an. Mobil SUV dengan harga tersebut bisa dipastikan akan menjadi mobil paling murah di kelasnya.

 

Selain Wuling dan DFSK, beredar kabar akan masuk 2 merk China lain yang siap meramaikan persaingan pasar otomotif di Indonesia. Dua merk tersebut adalah BYD dan Foday. Menurut kabar kedua merk tersebut telah mulai membangun pabrik di Indonesia.

Kehadiran mobil-mobil merk China di Indonesia mampu memberikan warna baru. Berdasarkan  review dari Wuling dan DFSK, keunggulan utama mobil China adalah harga yang murah tapi tidak murahan.

Produk-produk tersebut tetap memperhatikan kualitas produk. Pada akhirnya mobil-mobil Cina tersebut mampu eksis dan bersaing dengan produksi negara lain yang telah lama ada di Indonesia. Jadi apakah kamu tertarik mencoba menggunakan mobil China?

 

Sumber gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2Fcontent.icarcdn.com%2Fstyles%2Farticle_cover%2Fs3%2Ffield%2Farticle%2Fcover%2F2015%2Fbaojun-560.jpg%3Fitok%3D7MyS_DtI&f=1

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F-nB5aaf376ww%2FWisdw59cSbI%2FAAAAAAAClcg%2FxdKGVj49rYMaqWM-kdl_bjMDCUTWDWAegCLcBGAs%2Fs1600%2Fdfsk-glory-580-uruguay-autoblog%252B%2525283%252529.jpg&f=1

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *