Rahasia Belanja Aman Melalui Online Shop Agar Tidak Tertipu

Sekarang ini jaman memang sudah berkembang dengan modern, terlebih lagi mengenai perkembangan dunia internet dan informasi yang telah menjadikan segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, misalnya saja dengan melakukan belanja melalui online yang mana hal ini antara pembeli dan penjual tidak harus bertatap muka atau tanpa harus bertemu langsung. Hanya dengan mengandalkan jaringan internet yang ada di gadget canggih Anda, maka sudah dapat mewujudkan segala sesuatu yang Anda inginkan. Namun ketika belanja melalui online, maka Anda harus mengetahui rahasia belanja aman agar tidak menjadi korban penipuan.

Semakin berkembangnya jaman, telah menjadikan banyak orang memanfaatkan peluang untuk menguasai pasar dengan melakukan segala sesuatu yang dapat merugikan konsumen, misalnya dengan berjualan online palsu, yang artinya belanja online hanya dijadikan sebagai kedok, untuk menarik perhatian para konsumen dan melakukan penipuan setelah konsumen membayar atau mentransfer uang.

Simak tips di bawah ini agar Anda dapat belanja aman melalui online shop tanpa membuat resah:

  • Lakukan riset.

Baca beberapa ulasan dari para konsumen lain mengenai penilaian positif dan negatifnya. Pastikan bahwa Anda memilih online shop yang terpercaya atas rekomendasi dari teman atau keluarga Anda.

  • Perhatikan informasi.

Ketika penjual meminta beberapa informasi data diri Anda, janganlah terlalu memberikan informasi secara detail mengenai diri Anda, berikan informasi yang secukupnya saja.

  • Cara pembayaran.

Agar pembayaran Anda aman, maka Anda dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit.

  • Hindari pembalasan email.

Jika ada perusahaan yang tidak Anda kenal mengirimkan email pada Anda, maka abaikan.

  • Perhatikan secara rinci.

Sebelum melakukan pembayaran, maka perhatikan secara rinci barang apa saja yang akan Anda beli.

Adapun beberapa resiko yang akan Anda alami ketika berbelanja secara online:

Baca Juga: Inilah Tips dan Trik Agar Belanja Aman, Tidak Terjebak Penipuan!

  1. Adanya penipuan karena melakukan pembayaran pada halaman web yang tidaklah aman.
  2. Penipuan terjadi karena melakukan pembayaran menggunakan layanan WIFI publik.
  3. Adanya toko online palsu.
  4. Mendapatkan kualitas barang yang buruk.
  5. Menerima barang tidak sesuai dengan deskripsi yang ada di iklan.

Belanja aman via online, bukan berarti Anda tidak akan menjumpai penipu, namun beberapa ulasan yang ada di atas bertujuan untuk dijadikan sebagai acuan yang mana agar Anda dapat lebih berhati-hati lagi pada saat melakukan belanja secara online. Karena memang belanja online sang pembeli tidak dapat menyentuh barang yang diinginkannya, dan hanya melihat dari segi foto saja, oleh sebab itulah para pembeli yang menyukai belanja secara online lebih berhati-hatilah, karena banyak para penipu yang telah memanfaatkan perkembangan jaman dengan melakukan segala cara apapun untuk menarik mangsa nya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *