Resep Mudah Membuat Cimol Empuk dan Enak

Apa yang paling membuat Anda kangen dengan masa-masa SD? Ya, salah satu jawabannya pasti adalah jajanannya. Salah satu jajanan khas SD yang tidak pernah terlupakan dalam benak kita adalah cimol. Jika Anda kangen dengan cimol, tidak perlu khawatir karena ada resep cimol yang mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah.

Cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol merupakan jajanan khas dari Bandung yang terbuat dari bahan utama berupa tepung kanji atau tepung tapioka. Meskipun cimol adalah jajanan khas Bandung, namun persebarannya sudah sangat luas di penjuru Nusantara. Hampir semua penduduk Indonesia mengenal dan tak sedikit yang suka dengan jajanan ini. Hal ini karena cimol memiliki rasa yang gurih dan kenyal ketika digigit. Kenikmatan jajanan ini juga ditambah dengan bumbu tabur dengan aneka rasa yang dicampurkan ketika cimol sudah digoreng.

Cara membuat cimol juga cukup sederhana sehingga mudah untuk dipraktikkan sendiri. Ketika membuat cimol, ketelatenan seseorang sangat dibutuhkan agar cimol lebih enak dan empuk. Yuk, langsung saja, simak resep mudah membuat cimol empuk dan enak berikut ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cimol. Bahan-bahan untuk membuat cimol adalah sebagai berikut:

  1. 400 gram tepung kanji atau tepung tapioka;
  2. 5 siung bawang putih;
  3. 100 gram tepung terigu;
  4. 2 sendok makan garam;
  5. 1 sendok makan penyedap makanan;
  6. bumbu tabur rasa barbeku;
  7. air bersih secukupnya; dan
  8. 1 liter minyak goreng.

Setelah bahan-bahannya siap, selanjutnya adalah melakukan langkah-langkah pembuatan cimol sebagai berikut.

  1. Campurkan tepung kanji dan tepung terigu menjadi satu. Aduklah sampai tepung tercampur dengan merata.
  2. Haluskan bawang putih dengan cara diulek. Kemudian, campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada adonan tepung.
  3. Masukkan garam dan penyedap makanan ke dalam adonan tepung. Aduklah hingga merata.
  4. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk-aduk hingga merata. Ketika menuangkan air, berhati-hatilah. Jangan sampai adonan menjadi encer karena jika encer, adonan tidak dapat dibentuk menjadi cimol.
  5. Setelah adonan siap, bentuklah adonan dalam bulatan-bulatan kecil.
  6. Kemudian, panaskan minyak goreng pada wajan dengan nyala api yang sedang. Setelah minyak goreng panas, gorenglah cimol sampai matang. Ketika akan menggoreng, pastikan bahwa minyak benar-benar sudah panas dan nyala api berukuran sedang. Jika Anda menggunakan api yang besar, cimol yang digoreng bisa meledak.
  7. Setelah matang, angkatlah cimol, kemudian tiriskan.
  8. Sajikan cimol pada piring, kemudian taburi dengan bumbu tabur. Bumbu tabur untuk cimol dapat beraneka rasa, seperti rasa ayam panggang, jagung bakar, keju, sapi panggang, dan lain-lain. Pilihlah rasa bumbu tabur sesuai selera Anda.

Ada berbagai macam penyajian untuk resep cimol. Penyajian cimol ternyata tidak hanya dengan ditaburi bumbu tabur seperti balado pedas, tetapi juga bisa disajikan dengan saus. Variasi penyajian bumbu ini dapat Anda gunakan untuk menghindari kebosanan dalam menyantap cimol. Selain dapat membelinya di toko, saus untuk cimol ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut adalah resep pembuatan saus cimol.

Bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  1. 250 ml air;
  2. 6 buah cabai rawit;
  3. 2 sendok makan gula pasir;
  4. 1 sendol makan garam;
  5. 50 gram gula merah yang sudah disisir;
  6. 3 sendok makan air asam jawa;
  7. 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.

Setelah bahan-bahannya siap, langkah membuat saus cimol adalah dengan merebus semua bahan saus cimol hingga mendidih dan matang. Lalu, saringlah saus tomat tersebut. Kemudian, saus siap disajikan dengan cimol. Nikmatilah cimol selagi hangat agar rasanya lebih enak.

Sumber Gambar

kuliner.panduanwisata.id

resepdanmasakan.com

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *