Review Kipas Angin AC, Pilihan Murah Meriah nan Hemat

 

Penggunaan AC saat ini telah menjadi hal yang lumrah. Apalagi di kawasan tropis seperti di Indonesia, penggunaan AC bahkan telah mencapai rumah-rumah penduduk di pinggiran kota. Meski harganya masih berada di kisaran Rp2 jutaan dan juga memakan biaya listrik yang cukup tinggi, penggunaannya tetap menjadi kebutuhan dibandingkan kipas angin. Namun, saat ini penggunaan kipas angin AC pun tak kalah populer. Ada banyak hal yang menyebabkan penggunaannya cukup menjamur saat ini. Namun, sebelum menggunakannya, mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kipas angin AC sedingin AC? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak review kipas angin AC di bawah ini.

 

Fungsi sama dengan harga yang lebih murah

Sebagaimana yang sudah diketahui, harga AC (belum termasuk instalasinya) minimal mencapai Rp2 jutaan. Kalau Anda yang sedang menghemat pengeluaran untuk biaya sekolah atau cicilan rumah dan mobil, tentu Anda tak ingin mengeluarkan terlalu banyak untuk AC per ruangan. Tapi, kalau tidak ada AC, rumah rasanya seperti neraka! Nah, Anda tak perlu bingung karena saat ini ada kipas angin AC yang pilihan harganya jauh lebih murah, bahkan hanya 10% harga AC pada umumnya!

Ya, harga kipas angin AC tersedia hanya mulai dari Rp280 ribuan. Fungsinya sama, untuk menyejukkan ruangan yang panas kapan pun dan di mana pun. Meski kadar dinginnya memang tak seperti AC yang menggunakan freon, kipas angin AC sudah cukup untuk menghilangkan gerah. Kalau masih kurang, Anda bisa menambahkan es balok di dalamnya agar udara yang dikeluarkan jauh lebih dingin daripada sebelumnya.

Hanya perlu sediakan es balok yang bisa dibeli dengan harga Rp5 ribu saja per baloknya, Anda sudah bisa mendapatkan kipas angin AC untuk seluruh ruangan di rumah Anda. Kamar Anda dan pasangan, kamar anak, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar mandi bila perlu bisa Anda sediakan kipas angin AC ini. Bahkan, jika Anda menyediakan kipas angin AC untuk semua ruangan itu, harganya masih di bawah satu AC dengan biaya instalasinya, loh!

 

Perawatan mudah dan murah

Berbeda dengan perawatan AC yang perlu memanggil petugas perawatan, Anda bisa melakukan perawatan kipas angin AC sendiri setiap dua minggu sekali. Perawatan ini dilakukan agar kualitas udara yang dihasilkan kipas angin AC tetap terjaga dengan baik karena kipas angin AC memiliki filter udara di dalamnya yang mudah kotor. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu membuka tutup kipas angin AC bagian depan, lalu lepaskan dan cuci filternya dengan air. Setelah itu, jemur filter sampai kering lalu pasang kembali seperti sedia kala.

Mudah, kan? Selain mudah, karena bisa dilakukan sendiri, Anda pun sudah menghemat biaya perawatan yang biasanya dikeluarkan cukup banyak untuk perawatan AC.

 

Hemat listrik dan praktis

Kipas angin AC juga hemat listrik karena berdaya rendah. Untuk sebuah kipas angin AC, listrik yang diperlukan hanya 10—30 Watt. Jadi, biaya listrik Anda sekeluarga tak akan membengkak bahkan jika Anda memasangkan kipas angin AC di setiap ruangan rumah.

Selain itu, kipas angin AC juga praktis dibawa ke mana-mana. Anda bisa pindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Beberapa di antaranya juga memiliki roda untuk memudahkan mobilisasinya.

 

 

Kelebihan dan kekurangan kipas angin AC yang sudah disebutkan dalam review kipas angin AC di atas mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli pendingin ruangan dengan harga yang terjangkau di kantong.

 

Sumber gambar: Daikin

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *