Rumah Harga Lelang Sebagai Alternatif Pilihan Memiliki Rumah Murah

Kredit yang macet adalah ancaman terbesar untuk bank karena bank menjadi susah dalam mendapatkan keuntungan. Untuk bisa menutup kredit yang macet tersebut, maka bank kerap mengakalinya dengan melakukan penyitaan benda berharga pada pihak nasabahnya. Kebanyakan penyitaan adalah rumah yang dijaminkan kepada bank. Nantinya rumah yang disita tersebut akan dilelang dengan harga lelang dan hasil uangnya akan digunakan untuk menutup kerugian dari tunggakan kredit nasabahnya.

Meski memang ancaman ini cukup menyeramkan, namun jika ditilik kembali maka ada orang lain yang bisa mendapatkan peluangnya. Peluang ini adalah dengan membeli rumah dengan harga lelang yang cenderung lebih murah dari harga pasarannya. Bahkan untuk beberapa kasus, banyak juga rumah yang dijual dengan harga separuh dari harga rumah aslinya. Meski begitu, perlu diketahui jika rumah lelangan hanya bisa dibeli secara tunai, bukan secara kredit.

Untuk Anda yang tertarik membeli hunian hasil harta lelang, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

  • Jeli dalam memilih rumah sitaan

Hal ini sudah tidak boleh dibantah lagi. Anda harus mampu mendapatkan rumah yang berkualitas misalnya dengan struktur bangunan yang baik dan kokoh untuk dibeli. Dengan begitu Anda betul-betul bisa lebih mendapat keuntungan. Secara umum barang lelangan tidak mudah untuk dijual sehingga pelelangan akan terus dibuka hingga ada yang mampu memberikan harga penawaran terbaik.

  • Mencari informasinya secara detil

Selanjutnya adalah dengan mencari informasi daftar rumah hasil lelangan yang sedang dijual saat ini. Informasi ini bisa Anda dapatkan dari kantor pertanahan dan juga bank terkait. Selain itu banyak juga yang mengumumkan barang lelangan di situs resmi nya seperti situs DJKN atau Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dan juga website Balai Lelang Star. Harga penawaran dan besar uang jaminan pun terdapat informasinya secara lengkap.

Tidak lengkap rasa nya bila sudah mempunyai rumah tanpa ada pernak-pernik atau pajangan dinding di dalam rumah anda, saya sarankan untuk baca di hobibanget.com karena banyak sekali pilihan pajangan dinding untuk rumah anda

  • Siapkan uang jaminannya

Mempersiapkan uang jaminan untuk bisa ikut pelelangan juga harus dilakukan. Ketahui dengan pasti jika lelang adalah transaksi yang memakai tunai keras. Namun jika Anda beruntung, Anda juga bisa mendapatkan rumah hasil sitaan bank dengan kredit dari bank tersebut. Namun perlu dipelajari syarat dan ketentuan dari pihak bank yang bersangkutan.

  • Lakukan survey rumah

Seperti halnya proses membeli rumah pada umumnya, Anda juga perlu melakukan survey terlebih dulu pada rumah yang akan Anda beli. Hal ini juga bisa menjadi tolak ukur rumah tersebut masih layak atau tidak untuk Anda beli karena bisa saja hasil gambar dan aslinya memiliki perbedaan di beberapa sisi.

Sesuaikan anggaran maksimal Anda dalam harga lelang nantinya. Jika memang harga rumah tersebut lebih dari anggaran Anda, maka lebih baik lepaskan saja dan cari rumah lain yang masih di batas anggaran Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *