Senang “Hunting” Barang Di Situs-Situs Online Gratisan? Baca Tips ini Terlebih Dahulu

Di zaman modern seperti saat ini, rasanya hampir semuanya memanfaatkan teknologi. Bahkan kini Anda bisa berbelanja dan mencari barang-barang kebutuhan hanya melalui marketplace saja. Dengan banyaknya situs online yang menawarkan berbagai barang, tentunya kini anda tak perlu lagi bersusah-susah datang ke toko. Cukup dari rumah dan memanfaatkan smartphone saja, semua barang keinginan anda bisa sampai dengan selamat di tangan anda.

Senang “Hunting” Barang Di Situs-Situs Online Gratisan? Baca Tips ini Terlebih Dahulu

Ditambah lagi dengan harganya yang cukup bersaing, siapa yang tidak tahan untuk melakukan “hunting” barang di situs iklan online. Meskipun dipenuhi banyak keuntungan, tetap saja ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Sehingga nantinya belanja online yang anda lakukan tetap aman dan nyaman. Berikut ini tips penting yang perlu anda perhatikan:

Hati-Hati Dengan Scammer

Jangan mudah tergoda dengan tawaran harga yang murah, apalagi jika harga tersebut tidak masuk diakal. Trik seperti ini sering digunakan pihak-pihak tertentu untuk melakukan penipuan online atau yang dikenal dengan scammer. Pihak penipu biasanya akan menawarkan harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal kepada calon pembeli.

Kebanyakan pelaku akan mengupload gambar produk yang dikemas seakan original dan masih baru. Setelah calon pembeli tertarik, mereka akan menyuruh mentransferkan sejumlah uang dan kemudian barang akan dikirim. Namun yang terjadi setelah dana ditransfer, barang yang diinginkan tidak kunjung datang. Jauhi motif-motif penipuan seperti ini.

Hati-Hati dengan Pengguna Paypal

Khusus bagi penjual, hati-hatilah dengan pihak pembeli yang menggunakan Paypal untuk pembayaran. Calon pembeli biasanya akan mengirimkan uang melalui Paypal, namun subjek transfer sengaja ditulis salah. Misalnya ketika akan membeli mesin cuci, ditulis menjadi pembayaran vacuum cleaner

Setelah mengetahui jika barang pesanan telah terkirim, maka pembeli ini akan melapor ulang ke pihak Paypal dan menarik uangnya kembali. Tentu saja ini akan merugikan pihak penjual, barang sudah terkirimkan namun uang tidak datang.

Bagaimana Jika Barang Rusak?

Jika memang pembeli dan penjual tidak bisa bertemu langsung, maka jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Namun bagaimana jika barang yang anda terima kemudian mengalami kerusakan? Kerusakan tersebut bisa jadi karena kondisi awal maupun dikarenakan saat proses pengiriman.

Lalu saat anda mengajukan penggantian barang, penjual menolak? Apakah yang harus anda lakukan? Sebenarnya pihak penjual yang tidak menerima pengembalian dikarenakan mengalami kerusakan tidak mengerti tentang UU yang mengatur tentang retur serta penggantian barang. Sebelum anda melapor kepada pihak polis, akan lebih baik untuk bermusyawarah secara baik-baik dengan pihak penjual. Namun jika penjual tetap tidak mau melakukan retur, maka anda bisa meminta diskon kompensasi. Akan tetapi jika cara ini juga tidak bisa, maka jalan satu-satunya adalah dengan memberikan ulasan yang jujur mengenai pelayanan situs online tersebut.

Nah itu tadi beberapa tips membeli barang dengan aman dan mudah di situs-situs online. Perhatikan detail barang yang akan anda beli dan penjual yang anda pilih. Sehingga anda terhindar dari risiko-risiko penipuan yang tentu saja merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *