Seputar Penjelasan Online Marketing

Internet marketing atau dikenal juga dengan istilah online marketing adalah cara menjual barang atau jasa di internet. Aktivitas internet marketing tidak hanya berhubungan dengan kegiatan pemasaran saja, namun mencakup kegiatan promosi, branding dan membina hubungan dengan para pelanggan yang dilakukan dengan cara online.

Dengan adanya online marketing ada banyak manfaat yang dirasakan dan diambil oleh pembisnis, yaitu: semakin banyak orang yang mengenal produk atau brand dan meningkatkan penjualan. Agar lebih paham apa yang dimaksud dengan internet marketing pertama-tama yang harus Anda ketahui adalah bentuknya.

Sebagai Sumber Penghasilan

Menjalankan internet markting bisa memilih berbagai jenis tipe bisnis, contohnya: pay per sale (PPS), pay per clik (PPC), pay per lead (PL) atau bisa juga untuk menjual produk atau jasa sendiri dengan cara online.

Sebagai Promosi Online

Ada berbagai teknik dan cara untuk mempromosikan bisnis Anda di internet, salah satunya adalah menggunakan SEO search engine optimization, melalui sosial media, email dan iklan PPC. Pemilihan strategi promosi yang tepat berpengaruh terhadap hasil penjualan salah satunya menjadi dikenal lebih luas.

Baca Juga: Tips Wajib Online Marketing Bagi Pemula

Memahami Trand Internet Marketing

Selain paham mengenai internet marketing, Anda juga harus siap menghadapi perkembangan teknologi di dunia internet. Misalnya, mengetahui apa yang menjadi trand. Salah satunya adalah perubahan menggunakan internet yang awalnya menggunakan teknologi layar desktop, sekarang menggunakan teknologi smartphone android. Hal tersebut merubah penggunaan internet yang dilakukan secara mobile.

Kelebihan menggunakan teknologi mobile adalah lebih mudah digunakan dan dijangkau, bahkan perusahaan raksasa sekelas Google sudah menyiapkan aplikasi khusus pengguna mobile di seluruh dunia. Itu pun berlaku bagi pembisnis, khususnya yang menggunakan web atau situs sebagai media pemasarannya, harus segera diganti menggunakan akses secara mobile.

Selain perubahan perangkat media yang digunakan, perubahan dalam dunia bisnis terjadi juga pada sarana untuk mempromosikan produk atau barang jasa dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut karena semakin banyaknya orang di dunia terutama di Indonesia yang menggunakan media sosial. Tidak heran jika media sosial sekarang menjadi lahan untuk promosi bisnis, selain efektif ternyata lebih efisien. Kelebihan lainnya menggunakan medsos sebagai media pemasaran adalah tersedia berbagai macam fitur pemasangan iklan yang menarik perhatian.

Poin terakhir yang penting untuk diketahui adalah peranan search engine optimization (SEO) yang menjadi bagian dari pemasaran online. Dengan memperhatikan SEO yang benar dapat membantu proses pemasaran yang berhubungan dengan indeks, keyword dan meta description. Jika digunakan secara efektif bisa membuat proses pemasaran berjalan lancar sehingga banyak pengguna internet di seluruh dunia yang mengetahui tentang produk atau bisnis yang Anda jalani.

Demikian informasi mengenai online marketing, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan khususnya seputar bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *