Taukah Anda, Apa itu Internet Marketing?

Internet Marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara online melalui internet. Bukan hanya melakukan pemasaran saja, namun juga termasuk promosi, customer service dan branding yang dilakukan secara online.

Taukah Anda, Apa itu Internet Marketing?

Internet Marketing ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan pada para calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Agar pengetahan Anda tentang pemasaran secara online ini bertambah, berikut ada penjelasan yang harus Anda tahu sebelum memulai bisnis.

Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Untuk mempromosikan produk yang Anda akan jual, ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Seperti cara-cara dibawah ini:

  1. Email Marketing, proses pemasaran produk menggunakan email. Bisa dengan retention email, direct email dan lainnya.
  2. Sosial Media Marketing, dengan banyaknya pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter dan Youtube, Anda bisa menggunakan mereka sebagai tempat promosi dagangan Anda.  cara ini terbilang efektif untuk mengenalkan dan memasarkan produk Anda. Caranya dengan menggunakan fitur periklanan yang banyak digunakan oleh internet marketer. Seperti Faceboook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads, Youtube Ads.
  3. PPC Advertising atau PPS Ads, sebuah perusahaan yang akan menampilkan iklan produk Anda di situs mereka. Agar iklan Anda bisa ditayangkan, Anda harus membayar sejumlah uang. Beberapa perusahaan yang menawarkan program ini adalah Yahoo Advertising, Sitti, ID Blog Network, Google Adwords, Adsense Camp dan lain-lain.
  4. SEO (Search Engine Optimization), adalah sebuah bentuk promosi online gratis. Promosi online yang satu ini akan membuat iklan produk atau situs bisnis Anda ada di halaman depan search engine.
  5. Mobile Advertising, layanan pengiklanan dengan perangkat mobile. Mobile Advertising ini terbilang efektif karena pengguna smartphone yang banyak jumlahnya pas dijadikan sebagai wadah untuk promosi. Banner Ads, MMS dan Games adalah beberapa contoh dari model mobile ads.

Internet Marketing sebagai Sumber Penghasilan (Source Of Income)

Jangan salah, internet marketing juga bisa digunakan senbagai sumber penghasilan. Jika Anda tertarik menggunakannya untuk sumber penghasilan, berikut beberapa tipe bisnis yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  1. PPL (Pay Per Led), merupakan program affiliasi dimana penjual akan memberikan komisi setiap kali Anda mengirimkan leads pada penjual.
  2. PPC (Pay Per Click), merupakan sumber penghasilan yang berasal dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung. Program ini banyak dilakukan oleh para pemilik website atau blog untuk mendapatkan penghasilan. Untuk masalah harga per klik itu sudah ditentukan sejak awal oleh pengiklan.
  3. PPS Atau Pay Per Sale, program ini akan membayar Anda setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik Anda. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya barang terjual dan komisi dari pemilik barang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *