Tips Aman Belanja Online Anti Penipuan

Mudah dan tanpa ribet. Hal inilah yang sering jadi alasan banyak orang lebih suka berbelanja secara online dibandingkan berbelanja secara langsung di toko atau pasar. Meski demikian, berbelanja secara online pun tidak sepenuhnya aman. Tetap ada resiko yang mungkin muncul saat berbelanja secara online, penipuan misalnya. Karena itu, simak dulu tips aman belanja online anti penipuan berikut ini.

Cek Situs

Saat ini ada sangat banyak situs belanja online dengan semakin beragamnya jenis barang dan jasa yang ditawarkan. Sebelum berbelanja, ada baiknya cek terlebih dahulu situs belanja tersebut. Pastikan situs belanja itu aman dan terpercaya. Anda bisa melakukan pengecekan lewat forum online atau membaca pengalaman konsumen lain soal situs belanja yang Anda tuju tadi. Jika komentar-komentar yang Anda temukan positif, maka Anda bisa melanjutkan berbelanja di situs ini.

Cek Produk dengan Cermat

Saat membeli barang apapun dan di manapun, pastikan untuk selalu cek sekali lagi dan cermati produk yang akan Anda beli. Tidak jarang iklan dan deskripsi dibuat oleh penjual untuk menarik minat konsumen agar membeli barang mereka. Kadang, iklan ini dibuat berlebihan. Karenanya, Anda perlu melakukan pengecekan dengan benar agar tidak termakan iklan dan malah mendapat barang yang tidak sesuai dengan deskripsi sebelumnya.

Cek Feedback Comment

Di halaman situs jual beli, biasanya ada halaman komentar atau respon konsumen. Cek juga bagian ini. Jika banyak respon atau komen baik yang ada, maka akan semakin baik. Anda bisa melanjutkan berbelanja di toko atau situs belanja ini. Tetapi Anda banyak menemukan komentar negatif, sebaiknya hindari toko atau situs belanja ini. Komentar memang bisa dibuat dan dimanipulasi, karenanya jadikan kolom komen ini salah satu pertimbangan saja. Tetap perhatikan dan pertimbangkan juga faktor lain sebelum berbelanja.

Cek Cara pembayaran

Sebelum melakukan transaksi secara online, sebaiknya cek juga cara pembayaran yang harus Anda lakukan. ┬áPastikan metode pembayarannya jelas dan langkah-langkah yang harus dilalui tidak mencurigakan. Ada beberapa metode pembayaran yang biasa dilakukan yaitu transfer via bank, rekening bersama, serta Cash on Delivery (COD) – yaitu ada uang ada barang. Untuk pembayaran COD, jangan pernah kamu lakukan tranfer uang terlebih dahulu ya sebelum bertemu dengan penjual dan OK dengan barang yang ditawarkan.

Demikian tadi beberapa tips aman untuk belanja online anti penipuan. Meski menggiurkan, tetap berhati-hati saat berbelanja maupun bertransaksi secara online. Jangan sampai Anda rugi karena tidak hati-hati dan waspada dalam bertindak serta mengambil keputusan. Meski kemudahan berbelanja secara online memang tidak terbantahkan, tapi tetap memiliki resiko. Sebagai pembeli atau konsumen, Anda tetap harus bijak dalam berbelanja maupun bertransaksi. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *