Tips Aman Menggunakan Social Media Bagi ANak

Kemudahan akses membuat social media seperti Facebook, Twitter, sampai Instagram atau Path sangat akrab dengan anak-anak. Meski demikian, resiko penggunaan dan pemanfaatan yang belum tepat pun makin besar.  Peran orang tua-lah yang paling besar agar social media ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Berikut ini tips aman menggunakan social media bagi anak.
Jadilah Bagian Dari Mereka

Dunia anak-anak memang berbeda dengan dunia orang dewasa. Tapi, sebagai orang tua sebaiknya Anda paham benar apa yang terjadi pada mereka, termasuk dalam kegiatan bersocial media yang mereka lakukan.

Anda perlu tahu cara membuat profil, berteman dengan anak Anda sendiri, berkomentar dan bahkan menjadi bagian kehidupan online-nya. Anak mungkin akan merasa tidak nyaman atau selalu diawasi. Karenanya, berikan pengertian kalau hal ini juga demi kebaikannya.
Berikan Contoh

Kebiasaan bersocial media anak dimulai dari kebiasaan orang tuanya. Karenanya, sebaiknya berikan contoh yang baik. Jika Anda terbiasa bermain ponsel atau terus menerus berada di depan komputer selama di rumah, ini yang akan dicontoh oleh anak. Jika Anda terbiasa membuat status atau komentar buruk, ini juga yang akan dicontoh anak. Sebaliknya, berikan contoh baik dan bijak saat menggunakan social media, seperti berkomentar dengan kata-kata yang sopan.
Minimalkan Alat Komunikasi saat Di Rumah

Momen di rumah adalah momen keluarga. Jadi, sebaiknya minimalkan penggunakan alat komunikasi saat berada di rumah bersama anak Anda. Alih-alih, manfaatkan waku sebaik-baiknya melakukan beragam aktivitas menyenangkan bersama anak.
Mengobrol dengan Anak

Suatu saat, Anda juga perlu untuk bicara dengan anak soal pengalamannya menggunakan social media. Biarkan anak menceritakan apapun yang dialaminya saat menggunakan social media. Anda juga harus berpikir terbuka; apabila sejelek-jeleknya anak punya pengalaman yang kurang baik di media sosial, jangan langsung memarahi anak, tapi tanyakan dulu apa sebabnya dan beri anak nasihat mengenai bagaimana sebaiknya Ia bertindak.

Letakkan Komputer di Ruang Keluarga

Salah satu cara mengendalikan penggunakan social media pada anak adalah dengan meletakkan komputer atau peralatan komunikasi di ruang keluarga atau ruangan lain yang selalu terjangkau oleh Anda. Dengan cara ini, Anda bisa selalu mengawasi aktivitas anak saat menggunakan social media.
Bagikan Hal-Hal Baik

Berkomunikasi dengan social media memang menyenangkan. Tetapi, kebebasan yang ada saat ini memungkinkan orang juga bebas berkomentar atau membagikan semua hal, yang baik ataupun buruk. Karenanya, ajari anak untuk selalu membagikan hal-hal baik saja. Dan cegah mereka membagikan sesuatu yang kasar atau gosip tidak jelas yang bisa membuat masalah. Beri pengertian pada mereka soal baik dan buruknya membagikan informasi.
Demikian tadi beberapa tips aman menggunakan social media bagi anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *